Motivasi Dosen Meneliti, Belasan Dosen ITB Kalla Diikutkan Workshop Publikasi Internasional

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Publikasi artikel sebagai salah satu output penelitian. Artikel yang terbit dalam jurnal internasional bereputasi menunjukkan kualitas penelitian yang dilakukan.

Dalam rangka memotivasi dosen untuk berani menulis artikel ilmiah dan mengembangkan pengetahuan serta meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah pada publikasi internasional, ITB Kalla mengirimkan 16 orang perwakilan dosen untuk mengikuti Workshop Penulisan Artikel Jurnal Internasional yang diselenggarakan oleh panitia The 4th IC Halal UMI pada Senin, 23 Mei 2022 di Auditorium Al Jibra Universitas Muslim Indonesia,Makassar. Workshop ini dihadiri oleh akademisi dari berbagai perguruan tinggi nasional dan internasional baik secara daring maupun luring.

Kegiatan yang terdiri atas tiga sesi tersebut menghadirkan Rektor Universiti Kebangsaan Malaysia, Prof. TS. Dato Dr. Mohd Ekhwan Hj.Turiman selaku keynote speaker dengan materi terkait Kiat Menulis pada Jurnal Internasional. Beliau menekankan pentingnya dukungan kampus terhadap penelitian yang dijalankan sehingga mampu meningkatkan rangking dan reputasi perguruan tinggi.

“Publikasi merupakan penyampaian hasil penelitian kepada khalayak ramai sebagai pertanggungajawaban akademis. Publikasi adalah sebuah komitmen, yang berdampak besar bagi pengembangan ilmu pengetahuan”. Ungkap Prof.Ekhwan

Pembicara lainnya, Dr. Eng. Ir. Irma Nur Afiah,ST.,MT, dosen Universitas Muslim Indonesia turut berbagi pengalamannya. Alumni program doctoral dari Jepang tersebut membawakan materi terkait Perencanaan Penelitian dan Sintesis Literatur.

Adapun pembicara terakhir yaitu Bapak Adian Wahyu Setiawan,M.Ed.,EdD yang membawakan materi secara daring dengan tema terkait Teknis Penulisan Artikel yang Layak Terbit di Jurnal Internasional Bereputasi. Beliau berpengalaman dalam bimbingan metodologi dan proof reading sejumlah artikel ilmiah di Indonesia.

Ketua LPPM ITB Kalla, Andi Tenri Pada menyampaikan bahwa Workshop publikasi artikel pada jurnal internasional ini merupakan momen yang baik untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja publikasi dosen dan mahasiswa.

“Kegiatan ini sangat membantu dosen menyiapkan publikasi internasional yang cocok dengan isu yang ditulis, juga memiliki sitasi dan impact factor sehingga publikasi pada jurnal internasional di ITB Kalla dapat meningkat. Kampus akan semaksimal mungkin menyiapkan dukungan untuk terbangunnya budaya meneliti pada dosen maupun mahasiswa”. Ungkap Tenri

Workshop publikasi internasional ini adalah bagian dari persiapan menuju The 4th IC Halal UMI pada Juli mendatang.

Comment