Sambut Tahun Ajaran 2022-2023, SD Islam Athirah 2 Makassar Gelar Raker dan IHT Kurikulum Merdeka

MEDIAWARTA, MAKASSAR – SD Islam 2 Makassar menggelar Rapat Kerja (Raker) Tahun Pelajaran 2022-2023. Raker ini merupakan agenda tahunan yang digelar dalam menyambut tahun pelajaran baru. Kegiatan ini dihadiri semua pimpinan dan guru SD Islam Athirah 2 Makassar bertempat di LEC Athirah Bukit Baruga, Senin (4/7/2022).

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an beserta terjemahannya oleh Ustadz Mabrur Tahir dan pembacaan doa oleh Ustadz Muhammadong. Kemudian dilanjutkan dengan Open Mind oleh Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Bukit Baruga Dr. Patris Hasanuddin.

Dalam sambutannya, Wakil Direktur tersebut mengatakan, kegiatan raker ini sejalan dengan hikmah Iduladha, yaitu dari kisah Nabi Ibrahim dan anaknya ada kerja sama tim, bukan One Man Show. Perlu adanya kolaborasi dan berlapang dada serta menghargai setiap pendapat.

“Nabi Ibrahim meminta pendapat anaknya ketika mendapat wahyu untuk menyembelih anaknya. Dan hasilnya baik, Nabi Ibrahim ikhlas menyembelih anaknya dan anaknya pun rela disembelih. Lalu, Allah mengganti buah hatinya dengan hewan sembelihan dari surga,” katanya.

“Begitu pun Nabi Musa dalam berdakwah tidak sendiri, ada Nabi Harun yang menemaninya. Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam pun demikian tidak sendirian, ada banyak sahabat yang membantunya dalam berdakwah,” pungkasnya.

Kegiatan raker ini turut menghadirkan Kepala Departemen Kurikulum Sekolah Islam Athirah Saharuddin, S.Pd. yang juga sekaligus Instruktur Nasional Kurikulum Merdeka guna sosialisasi In House Training (IHT) Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka.

Sir Didin, sapaan akrabnya memaparkan, keunggulan Kurikulum Merdeka yang pertama adalah struktur kurikulum lebih fleksibel dimana jam pelajaran ditargetkan untuk dipenuhi dalam satu tahun.

Keunggulan kedua, fokus pada materi yang esensial. Capaian pembelajaran diatur per fase, bukan per tahun. Dan keunggulan ketiga, memberikan keleluasaan bagi guru untuk menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan arahan dan penyampaian dari Kepala SD Islam Athirah 2 Makassar H. Muhammad Azisdan Wakasek Bagian Kurikulum dan SDM SD Islam Athirah 2 Makassar Taswil Mardi. Kegiatan kemudian berlanjut dengan rapat setiap komisi.

Diketahui, kegiatan raker dan IHT Kurikulum Merdeka ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari yang dimulai dari Senin-Rabu (4-6/7/2022). Sebelumnya, kegiatan pembukaan atau pra raker telah digelar pada Jumat (24/6/2022) lalu.

Citizen Reporter: Muhammad Ryan Israfan