Iduladha 2022, SPJM Group Sembelih 67 Ekor Hewan Kurban

MEDIAWARTA, MAKASSAR – PT Pelindo Jasa Maritim, Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Group pada Iduladha 1443 H/2022 M bersama anak dan cucu perusahaan yang tergabung di dalamnya menyiapkan total sebanyak 67 ekor hewan kurban.

Direktur Utama Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM), Prasetyadi mengatakan, Iduladha tahun ini sebanyak 67 ekor hewan kurban, yang terdiri dari 35 ekor sapi dan 32 ekor kambing, disalurkan oleh Pelindo Jasa Maritim bersama seluruh anak, cucu, dan cicit perusahaan.

Anak perusahaan yang tergabung dalam SPJM adalah PT Pelindo Marine Service (PMS), PT Jasa Armada Indonesia (JAI), PT Pengerukan Indonesia (Rukindo), PT Equiport Inti Indonesia (EII), PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI), serta PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI).

Sedangkan cucu perusahaan terdiri dari tiga perusahaan yang berada di bawah PT PMS yaitu PT Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), PT Pelindo Energi Logistik (PEL), dan PT Berkah Multi Cargo (BMC).

Prasetyadi mengatakan, berkurban adalah bagian tak terpisahkan dari Iduladha. “Bersama anak dan cucu perusahaan, kami menyediakan hewan qurban. Sebagiannya disembelih dan kami salurkan langsung. Sebagiannya lagi diserahkan kepada beberapa pihak guna disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang layak menerima kurban,” ujarnya.

Penyembelihan hewan kurban menurut dia, menjadi salah satu yang dianjurkan bagi umat muslim yang mampu. Berkurban juga merupakan bentuk tanda syukur atas nikmat Allah SWT.

“Kurban adalah momentum untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan sifat utama dengan berderma,” ucapnya. Olehnya itu, dia menuturkan, SPJM Group yang memiliki 6 anak perusahaan, 3 cucu dan cicit perusahaan, serta 2 cabang kelolaan yang beroperasi di seluruh Indonesia menaruh perhatian besar pada momentum ini.

“Untuk SPJM sendiri yang berkantor pusat di Makassar, kami menyiapkan sebanyak 5 ekor sapi untuk disembelih. Di mana 3 ekor diserahkan ke Badan Penyelanggara Pembinaan Dakwah Islam (BPPDI) PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4, 1 ekor ke Kantor Kecamatan Wajo, Makassar, untuk disembelih dan dagingnya dibagikan kepada antara lain petugas penyapu jalan dan pemotong rumput, sopir truk, pengawas kebersihan, dan petugas drainase,” rinci Prasetyadi.

Sedangkan 1 ekor sapi lagi diserahkan ke Yayasan Insan Cerdas Sejahtera di Maluku, untuk disembelih dan dagingnya dibagikan kepada salah satu pengurus masjid di Maluku, kaum dhuafa, anak yatim piatu dan masyarakat kurang mampu yang ada di Maluku.

Selain 5 ekor sapi yang dipotong oleh SPJM yang berkantor pusat di Makassar, anak dan cucu usaha SPJM Group juga menyiapkan hewan kurban di wilayah kerjanya masing-masing. Yakni PT Rukindo sebanyak 1 ekor sapi dan 8 ekor kambing, PT EPI sebanyak 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Sementara itu, PT PMS juga menyiapkan 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing untuk disembelih, PT APBS sebanyak 3 ekor sapi, dan PT PEL juga menyiapkan sebanyak 3 ekor sapi.

“PT Berkah Multi Cargo, cucu usaha SPJM, menyiapkan sebanyak 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing, dan PT JPPI juga menyiapkan 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing,” sebut Prasetyadi.

Sedangkan PT Jasa Armada Indonesia, Tbk di Iduladha tahun ini menyiapkan sebanyak 10 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Serta PT EII menyiapkan 6 ekor sapi untuk disembelih.

Prasetyadi berharap semoga hewan kurban yang disembelih dan dagingnya dibagi-bagikan bisa bermanfaat dan dinikmati bagi mereka yang membutuhkan. “Semoga kurban tahun ini bermanfaat dan menjadi berkah buat kita semua. Semangat berbagi kita pelihara terus di antara kita, sebagai sesama umat manusia,” tukasnya.