Pangdam Hasanuddin Serahkan Hewan Kurban di Masjid Nurul Hayati Bonto Marannu

MEDIAWARTA, GOWA – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., menyerahkan hewan kurban kepada pihak Masjid Nurul Hayati Bonto Marannu, bertempat di halaman Masjid Nurul Hayati, Dusun Bontomarannu, Kel. Benteng Sombaopu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Senin (11/07/2022).

Hewan yang diserahkan ini berupa Sapi dalam rangka hari raya Idul Adha 1443 H/2022 M, yang diperuntukkan kepada warga yang berhak menerimanya yakni kurang lebih 180 orang kepada kaum duafa, fakir miskin, warga masyarakat yang berada di sekitar Masjid Nurul Hayati.

Pangdam di awal sambutannya mengucapkan
Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, dengan harapan semoga makna yang terkandung dalam Hari Raya ini, dapat memotivasi kepada semua untuk lebih meningkatkan kualitas keimanan.

“Secara pribadi dan atas nama Komando, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, disertai harapan semoga makna yang terkandung dalam Hari Raya ini, dapat memotivasi kita semua untuk lebih meningkatkan kualitas keimanan kita dalam melaksanakan tanggung jawab masing-masing dengna penuh keikhlasan tanpa pamrih,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pihaknya akan menyerahkan hewan kurban bagi jamaah Masjid Nurul Hayati Barombong sebagai bagian dari upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT yaitu penuh kerelaan mempersembahkan apa yang dimiliki kepada Sang Khalik.

“Ini sudah merupakan tradisi setiap kita memperingati Hari Raya Idul Adha sebagai implementasi untuk mengenang napak tilas Nabi Ibrahim Alaihi Salam yang mendapat perintah dari Allah Subhanahu Wata’ala untuk menyembelih putranya Ismail. Sedangkan Nabi Ismail Alaihi Salam merupakan seorang putra yang sabar menerima ketentuan dari Allah Subhanahu Wata’ala,” jelasnya.

“Tradisi kurban dalam Hari raya Idul Adha seperti ini memiliki ibadah spiritual sebagai bentuk ketaatan hamba kepada Tuhannya yang dilandasi dengan rasa ikhlas dan dimensi sosial merupakan bagian dari ketaqwaan untuk saling berbagi kepada lingkungan sosial,” sambungnya.

Pada kesempatan ini pula Pangdam menyampaikan bahwa Masjid Nurul Hayati ini akan diresmikan oleh Pangdam Hasanuddin dalam waktu dekat dan rencana akan membangun pondok Takfidz yang bertempat di belakang bangunan Masjid.

“Dalam waktu dekat Masjid ini akan saya resmikan
kondisinya sudah 90 sekian persen tinggal saya resmikan dan finishing dan Insya Allah juga di belakang akan kita bangun semacam pondok rumah Tahfidz untuk digunakan memondok di sini dan kita akan mencetak para tahfidz-tahfidz atau pendakwah yang akan mensiarkan agama kita khususnya agama Islam,” tandasnya.

“Saya berharap Masjid ini dimanfaatkan semaksimal mungkin bagaimana meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT dan ini harus dimakmurkan setiap hari setiap lima waktu, dimanfaatkan betul untuk beribadah, bukan sekedar sholat lima waktu tapi mungkin bisa belajar,” tutupnya.

Di akhir kegiatan cucu langsung dari H. Andi Mappayukki Raja Bone ke-32 dan cicit langsung dari Raja Gowa ke-34 I’Makkulau Daeng Serang Karaengta Lembang Parang ini, menyerahkan hewan kurban kepada pihak Masjid Nurul Hayati Bontomarannu dilanjutkan penyerahan kupon secara simbolus kepada warga yang berhak menerimanya.

Turut hadir Kabintaljarahdam Kolonel Inf Slamet Riyanto, Kapendam Kolonel Inf Rio Purwantoro, Waasintel Letkol Inf M. Wahyudi Amri, Dandim 1409/Gowa Letkol Inf Muhammad Isnaeni Natsir, Kapolsek Barombong Iptu Muh. Ashar, Camat Barombong Anwar Asru, Lurah Benteng Sombaopu Syarifuddin, para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 1409/Gowa.