Shinzo Abe Wafat, JK Sampaikan Duka Cita di Kedubes Jepang

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) secara resmi menyampaikan ucapan bela sungkawa atas wafatnya mantan Perdana Jepang Shinzo Abe yang tertembak pada Jumat (9/7/2022) lalu di Nara, Jepang. Didampingi Dubes Jepang untuk Indonesia H.E. Mr. Kanasugi Kenji JK mengisi buku ucapan duka cita di kedutaan besar Jepang Jl. MH Thamrin no 24 Jakarta Pusat pada hari Rabu 13 Juli 2022.

Bagi JK, mendiang Shinzo Abe tidak hanya sebagai rekan kerja sesama pemimpin negara, ia juga telah menjalin persahabatan yang cukup lama. Bahkan ketika masih sama sama menjabat sebagai pemimpin Negara JK dan Abe kerap bertemu untuk membahas peningkatan hubungan Indonesia dan Jepang. Untuk itu JK sangat berbelasungkawa atas wafatnya Shinzo Abe.

“Saya memiliki kesan tersendiri terhadap Shinzo Abe, karena sering bertemu dalam forum internasional. JK menceritakan kedekatannya dengan Shinzo Abe, karena sering jumpa di forum internasional. “Secara alfabet Indonesia dan Jepang berurutan, karena itu saya sering duduk bersebelahan dengan Abe sebagai Perdana Menteri Jepang. Dalam kesempatan seperti itu, kami sering berbincang bincang membahas segala hal termasuk kerjasama ekonomi RI-Jepang, salah satunya yang jadi perhatian Abe, adalah soal perkereta apian di Indonesia,” kenang JK

Shinzo Abe seorang pemimpin yang baik teruji reputasinya sebagai Perdana Menteri Jepang. Dunia dan khususnya Indonesia tentu sangat kehilangan dengan kepergian beliau. Oleh karena itu, sekali lagi saya mengucapkan belasungkawa yang dalam atas berpulangnya Shinzo Abe,” ujar JK.