Ketua TP PKK Makassar Beberkan PHBS Penting untuk Diterapkan

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail menekankan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk diterapkan warga dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini disampaikan Indira Jusuf Ismail dalam Sosialisasi dan Pembinaan PHBS Oleh Dinas Kesehatan Kota Makassar di Hotel Aston, Jalan Sultan Hasanuddin Makassar, Kamis (14/7/2022).

“Jika ingin meningkatkan kualitas kesehatan keluarga kita, kita mulai dari perilaku hidup bersih, jadi perilaku hidup bersih dari hal-hal yang sederhana saja dulu, dari diri kira dan keluarga kita,” ujar Indira Jusuf Ismail.

Dia menjelaskan bahwa masalah kesehatan sedikit banyaknya disebabkan oleh kebiasaan yang tidak bersih. Kebiasaan ini dibentuk dari perilaku. Oleh karenanya, perilaku tersebut harus dilawan dengan PHBS.

“Inilah yang harus kita terus kawal sosialiasasinya, masyarakat kita edukasi terus menerus, agar PHBS bisa menjadi budaya kita, kalau warganya sehat, kotanya juga sehat,” paparnya.

Istri Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto ini tidak ingin jika sosialisasi mengenai PHBS hanya sekadar seremonial, penggugur kewajiban semata. Melainkan sebuah gaya hidup yang memiliki banyak manfaat.

Penyakit yang mematikan di Indonesia saat ini, kata Indira Jisuf Ismail, adalah penyakit tidak menular. Seperti paru-paru, jantung dan stroke. Penyebabnya adalah kebiasaan yang tidak sehat.

Kelompok rentan penyakit seperti perokok pasif, terang Indira, didominasi oleh anak-anak dan ibu-ibu. Perokok aktif cenderung resiko terkena penyakit lebih kecil.

“Sekarang ini justru penyakit tidak menular yang lebih berbahaya. Gara-gara merokok, paparan asap rokok itu menimbulkan penyakit yang mematikan. Dan lebih berbahaya terhadap perokok pasif. Begitu juga dengan pola makan yang tidak sehat,” tutupnya.