Pegadaian Makassar Target Bisa Salurkan Rp 628 Miliar KUR Syariah untuk UMKM

MEDIAWARTA, MAKASSAR – PT Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) VI Makassar, menargetkan bisa menyalurkan sekitar Rp628 Miliar KUR Syariah untuk membantu pendanaan UMKM di Sulsel khususnya di Kota Makassar.

Hal ini disampaikan Kepala Departemen Bussiness Support Nur Fadli saat kegiatan Media Gathering yang diselenggarakan PT Pegadaian Makassar di Kay kopi by Kopiapi Coffee, Jalan Pelita Raya.

Nur Fadli mengatakan, program KUR yang dihadirkan pihak Pegadaian semakin membuka peluang kinerja Pegadaian dalam meningkatkan perputaran modal pinjaman. Untuk tahun ini, Pegadaian menargetkan Rp628 miliar dana KUR Syariah terealisasi ke pelaku UMKM.

“KUR Syariah bisa kita cairkan sampai Rp1,5 miliar, dengan mu’nah sebesar 6 persen pertahun. Jadi kita target Rp628 miliar untuk target KUR Syariah, namun kita inginkan akan ada 6 juta debitur baru yang dapat bergabung,” katanya.

Untuk syarat sendiri, kata dia, para pelaku UMKM baik perorangan maupun kelompok dapat mengajukan pinjaman dengan cukup melengkapi surat izin usaha dan legalitas badan hukum. Kemudahan yang diberikan sebagai komitmen Pegadaian, dalam mendukung pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19 melanda beberapa tahun lalu.

“Inovasi ini kita hadirkan agar bisa berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional, dengan menghadirkan pembiayaan kur bagi UMKM. Kita juga akan selalu hadir dalam setiap element masyarakat agar bisa menjadi solusi atas permasalahan mereka,” tambahnya.

Untuk target pasar, Pegadaian akan menyasar pelaku usaha super mikro dengan nominal pinjaman sebesar Rp10 juta, untuk pengusaha mikro dapat mencairkan Rp10 juta sampai Rp100 juta, sementara pengusaha kecil dapat mengajukan pinjaman KUR sebesar Rp100 juta sampai 200 juta.

“Tahun ini kita baru masuk di KUR super mikro pembiayaan sebesar Rp10 juta, membiayai pengusaha super mikro dengan perhari ditargetkan dapat tersalurkan Rp4 miliar,” papar Fadli.