Selamat, Mukhlisin Dosen Muda Politeknik Bosowa Raih Gelar Doktor 

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Dosen Teknik Listrik Politeknik Bosowa ( Poltekbos) Dr. Ir. Mukhlisin, S.Pd ., M.Pd ., IPM meraih gelar Doktor dalam bidang Pendidikan Vokasi Keteknikan di Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Senin (18/7/22).

Dosen berusia 30 tahun ini, berhasil mempertahankan disertasi berjudul Learning Model Based of An Augmented Reality dengan Indeks Penilaian 3,98 dan predikat Sangat Memuaskan.

Penelitian ini mengembangkan suatu model pembelajaran yang memiliki pendekatan pembelajaran berbasis digital, dengan mengintegrasikan materi pembelajaran ke dalam suatu sistem teknologi digital.

Mukhlisin memaparkan, salah satu teknologi digital yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah Augmented Reality, hal inilah yang memberikan suasana belajar yang menarik, sebab memberikan tampilan yang lebih interaktif, 3D dan nyata.

“Jadi tujuan penelitian ini adalah memberikan kontribusi bagi peningkatan proses pembelajaran pada penyelenggara pendidikan, khususnya Vokasi yang relevan dengan bidang keilmuan peneliti serta membangun kompetensi dan SDM digital yang merupakan ciri dari suatu masyarakat global,” paparnya.

Ujian promosi Doktor pun berlangsung lancar, Mukhlisin mampu menjawab semua pertanyaan penguji dengan lantang.

Di akhir ujian, ia tak mampu menyembunyikan rasa haru serta bendungan air mata pun tercucur seraya menghaturkan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah membantunya.
Ia mengaku semua keberhasilannya berasal dari jiwanya yang kuat dalam jalur akademik serta dukungan dan doa dari orang tua.

“Alhamdulilah, setelah ini saya siap fokus mengabdi kepada dunia pendidikan, lembaga hingga masyarakat,” tuturnya.

Mukhlisin memegang 4 prinsip hidup yang ia jalani hingga saat ini yaitu fase menuntut ilmu, fase mengabdi kepada lembaga, fase meningkatkan kesejahteraan keluarga dan fase menikmati hidup.