Dispar Kota Makassar dan PHRI Sulsel Sukses Gelar Makassar Direct Sale di Yogyakarta

MEDIAWARTA, YOGYAKARTA – Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Makassar beserta BPD PHRI Sulawesi Selatan sukses gelar promosikan Kota Makassar di Yogyakarta.

Event yang diadakan di Hotel Santika Premiere Yogyakarta (26/7) berhasil mendatangkan 75 Buyer dan melakukan kegiatan Bussiness to Business (B2B) sehingga dapat membangkitkan Industri Pariwisata Kota Makassar dengan mendatangi bisnis yang berasal dari Yogyakarta.

Para 75 Buyer antara lain dari Dinas Parisawata Kota Yogyakarta, BPD PHRI Yogyakarta, DPD Asita Yogyakarta, hingga para Event Organizer yang ada di Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Prov D.I Yogyakarta Singgih Rahardjo mengatakan ini adalah momentum yang sangat baik dan saling menguntungkan bagi para buyer dan seller, karena begitu banyak potensi dari Makassar dan Yogyakarta.

“Makassar tidak hanya destinasi wisata tetapi event-event skala nasional yang ada di Makassar maka dari itu dari momen ini kita jangan hanya berpatokan Yogyakarta sebagai buyer tapi bisa juga sebagai seller dengan kekayaan pariwisata yogya yg luar biasa sehingga kita saling belajar dan bersinergi untuk meningkatkan industri pariwsata di daerah masing masing,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekertaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Zandaru, Ketua PHRI DI. Yogyakarta Dedi Pranowo, Ketua ASITA DIY Heri Setiawan, Ketua GIPI DIY Ardyanto Setyo Adji, Presiden IHGMA I Gede Aria Pering Arimbawa, Ketua IHGMA DIY Heriyadi, Ketua DPD ASTINDO Erwin Santoso, Ketua BPD PHRI Sulsel Anggiat Sinaga dan Direktur Utama F8 Sofyan Setiawan.

Sebelumnya, tim Dinas Pariwisata &  Kebudayaan Kota Makassar dan tim F8 Indonesia yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem, berkunjung ke Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Magelang.

Ketua BPD PHRI Sulawesi Selatan Anggiat Sinaga mengatakan saat ini banyak sekali grup wisatawan yang di akomodir oleh para agen travel yang berasal dari Yogyakarta sehingga banyak potensi dari Provinsi DI Yogyakarta untuk melakukan kegiatan di Sulawesi selatan khususnya di Kota Makassar.

Adapun tujuan dari kunjungan Muhammad Roem dan rombongan ke Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta yaitu untuk melakukan audiensi mengundang Dinas Pariwisata Yogyakarta untuk turut ambil andil dalam pegelaran Festival Eight yang rencananya akan di laksanakan September mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem mengatakan tujuan datang ke yogyakarta memang untuk mempromosikan pariwisata kota Makassar dan event-event nasional di Makassar dan agar wisatawan dari kota-kota besar seperti Yogkarta bisa datang ke Makassar.

“Direct flight kini Yogya-Makassar sudah ada sehingga akses mobilitas dari Yogya ke Makassar tidak menjadi kendala dan menurut data dari PHRI Sulawesi Selatan okupansi kota Makassar juga banyak diisi oleh wisatawan domestik yang berasal dari Yogyakarta, Sleman dan Magelang. Dari data tersebut maka kami memilih Yogyakarta sebagai kota tujuan kami,” pungkasnya.