Kiat Cermat Mengelola Bahan Makanan Tetap Segar di BincangShopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket

MEDIAWARTA, JAKARTA – Pernahkah kamu berada ke dalam situasi stok bahan makanan yang disimpan di rumah menumpuk, hingga beberapa produk kualitasnya menurun, dan tidak layak dikonsumsi? Imbasnya bahan-bahan tersebut akan terbuang dengan sia-sia dan mengakibatkan kerugian berbelanja. Tentunya hal ini sangat disayangkan, karena bahan makanan merupakan salah satu dari sekian banyak kebutuhan pokok yang perlu dipenuhi dan dikelola dengan baik. Maka dari itu cermat mengatur dan mengelola terutama pada faktor penyimpanan menjadi ilmu penting yang harus diperhatikan dengan teliti. Demi mempersiapkan kebutuhan bahan makanan agar tetap segar dan terjaga dengan baik, Shopee bersama dengan para narasumber, Devina Hermawan selaku Celebrity Chef, dan Melly Oliviani sebagai Owner of Nyakrek Baso Aci menghadirkan BincangShopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket “Bahan Makanan Tetap Segar, Solusi Penyimpanan Pintar”.

“Bahan makanan merupakan investasi besar dalam dapur, maka perlu diketahui apa saja yang benar-benar dibutuhkan saat berbelanja. Dalam pengelolaannya, keterampilan dan ketelitian juga dibutuhkan agar dapat mengoptimalkan bahan tersebut hingga dapat digunakan dengan baik. Berangkat dari hal tersebut, sebagai bagian dari kampanye Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket, BincangShopee kali ini kami hadirkan khusus untuk berbagi ilmu melalui sesi talkshow dan workshop untuk seluruh masyarakat Indonesia terutama para pengguna setia Shopee mengenai pentingnya mengetahui cara menyimpan dan mengelola bahan makanan yang pintar, demi menjaga nilai gizi, rasa, kualitas, kesegaran dan masa umur pada bahan tersebut,” ujar Putri Lukman, Head of Electronics & FMCG Shopee Indonesia.

Dibalik kebutuhan bahan makanan yang banyak dan bervariasi, Devina Hermawan sebagai Celebrity Chef mengungkapkan, “Manajemen penyimpanan selalu menjadi tantangan tersendiri yang seringkali dihadapi. Tentunya berbagai cara dan faktor perlu diperhatikan dengan cermat demi menjaga kualitas kesegaran bahan dan meminimalisir kerugian belanja. Senang sekali pada BincangShopee kali ini, akhirnya saya berkesempatan sharing dan berdiskusi langsung mengenai solusi-solusi pintar apa saja yang dapat kita lakukan. Bahkan tidak cuma sharing, saya juga berkesempatan mengkreasikan resep seru menggunakan produk dari Nyakrek Baso Aci pada sesi workshop. Semoga hasil diskusi dan workshop ini dapat menjadi inspirasi dan membantu dapur kita tetap aman dalam menjaga penyimpanan bahan makanan dan yang terpenting adalah kebutuhan keluarga tetap terpenuhi.”

Pada dasarnya, untuk mengoptimalkan waktu berbelanja agar lebih praktis, sebagian besar orang memilih membeli beragam kebutuhan bahan dapur dalam jumlah banyak sekaligus. Tetapi ada yang seringkali terlupakan, bahwa masing-masing bahan makanan itu memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga selalu ada komponen-komponen khusus dalam setiap metode penyimpanannya. Baik itu makanan segar, makanan siap saji, hingga bahan makanan pendukung lainnya.

Berikut tips dan trik dalam sesi diskusi BincangShopee kali ini yang dapat menjadi solusi dan inspirasi penyimpanan pintar untuk menjaga kesegaran makanan:

Membuat Rencana Belanja Mingguan atau Bulanan Secara Baik dan Bijak

Pengelolaan kebutuhan bahan baku perlu diimbangi dengan proses belanja yang cermat. Pertama-tama buat daftar skala prioritas, rencanakan kebutuhan utama apa saja yang diperlukan, produk apa saja yang dapat di beli di bulan berikutnya, dan mengkombinasikan jenis bahan makanan segar dengan jenis bahan makanan jangka panjang sebagai cadangan. Jadi, jika sewaktu-waktu kehabisan bahan makanan segar, selalu terdapat persediaan cadangan sebagai solusi efektif.

Aspek penting lainnya dalam mengatur perencanaan belanja agar lebih optimal adalah dengan memaksimalkan beragam keuntungan melalui promo – promo menarik yang tersedia. Seperti memanfaatkan kampanye Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket, mulai dari Gratis Ongkir Semua Toko, Beli 2 Pasti Diskon 50%, hingga Tebus Murah 5 Ribu yang mana rangkaian promo belanja ini dapat dinikmati hingga 8 Agustus 2022 mendatang.

Kelola Posisi Penempatan dan Suhu yang Sesuai Karakteristik

Prinsipnya tidak semua bahan makanan dapat disimpan di lemari pendingin, namun tidak semua bahan makanan juga dapat disimpan pada rak atau lemari dapur. Intinya ketahui terlebih dahulu karakter masing-masing bahan yang ingin disimpan. Lalu bagaimana caranya?

Bagi olahan daging dan bahan makanan yang basah lainnya, gunakanlah wadah makanan kedap udara untuk mencegah kontaminasi silang. Demi menjaga kesegaran simpan pada bagian freezer kulkas dan beri jarak satu dan lainnya agar udara bisa bersirkulasi dengan baik.

Selain itu, setiap penyimpanan bahan segar di kulkas, usahakan selalu dalam keadaan kering dan simpan dalam box/plastik yang terpisah. Kemudian, alasi wadah sayuran dan buah dengan tisu dapur atau handuk guna membantu menyerap kelembaban ketika suhu dingin di dalam kulkas. Melalui metode ini, membantu menjaga kualitas agar tidak cepat layu dan bertahan lama.

Trik berikutnya, pisahkan bahan makanan yang memiliki aroma khusus dengan yang lainnya. Kemudian, pahami juga jenis buah seperti alpukat, pisang dan produk makanan lainnya semacam roti dan keripik yang justru tidak tahan lama jika diletakkan di kulkas, namun cukup di udara terbuka.

Mengatur Stok dengan Pencatatan yang Teliti

Biasakan melakukan pencatatan saat barang hendak disimpan dan perhatikan tanggal kadaluarsa pada makanan kaleng maupun siap saji. Selanjutnya terapkan sistem First in First Out yakni barang yang pertama masuk adalah barang yang pertama digunakan, hal ini membantu kita dalam mengurangi stok lama yang masih tersimpan. Selain itu, ketika hendak memasak, gunakan stok bahan secara bijak dan keluarkan secukupnya agar terhindar dari pembekuan berulang-ulang.

Kualitas Terjaga, Utamakan Kebersihan

Tips terakhir yang tak kalah penting, selalu memastikan dan menjaga kebersihan dapur, lemari penyimpanan, dan kulkas dengan secara rutin, termasuk memantau kebersihan wadah penyimpanan. Mengapa hal ini penting? Tentunya untuk menjaga kualitas bahan makanan, rasa, dan warna tetap baik, serta aman dari hewan pengerat, serangga dan lainnya.

“Melihat tema BincangShopee kali ini yang sangat relevan dengan jenis produk yang kami jual, membuat kami sangat antusias untuk ikut memeriahkan acara. Nyakrek Baso Aci sendiri adalah produk makanan rumahan kemasan yang dipadukan dengan bumbu rempah yang otentik rahasia dapur keluarga. Kami menawarkan pilihan makanan yang bisa disimpan lama seperti produk makanan Baso Aci instan yang dapat disimpan hingga dua minggu dalam freezer, serta makanan kering keripik yang bisa bertahan hingga dua bulan pada suhu ruangan. Kedepannya, kami berharap Nyakrek Baso Aci dapat menjadi solusi untuk cadangan makanan cepat saji dengan kepraktisannya dan senantiasa menjadi teman pelengkap bahan makanan di dapur seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Melly Oliviani, Owner of Nyakrek Baso Aci.

Sebagai bagian dari kemeriahan kampanye Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket, Nyakrek Baso Aci menghadirkan berbagai promo menarik yang dapat langsung dimanfaatkan oleh para pengguna mulai dari Beli 2 Pasti Diskon 50%, Flash Sale diskon hingga 88%, dan Voucher Toko hingga 50% serta masih banyak potongan harga lainnya.

Comment