PT Pelindo Regional 4 Gelar Pameran UMKM

MEDIAWARTA, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 menggelar pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada event “Pelindo Forum” yang diadakan di Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) Kampus 1, Bogor, Jawa Barat, selama tiga hari pada pekan lalu.

Dalam pameran UMKM tersebut, Pelindo Regional 4 melibatkan UKM 310 dengan produk kue khas Makassar Duri-durian, Keripik Kepo, Keripik Bawang, Kacang Langkoseng, dan Ekstrak Mengkudu (sejenis kopi).

Manager Dukungan Bisnis Pelindo Regional 4, Marwah menuturkan, hampir di setiap kegiatan yang diadakan Pelindo, pihaknya selalu melibatkan UMKM untuk bisa menggelar pameran produk usahanya.

“Hal itu adalah salah satu upaya kami dalam mendukung UMKM, khususnya yang ada di Regional 4,” kata Marwah.

Dia melanjutkan, dengan mengikuti pameran, para UMKM bisa melakukan penjualan langsung produk usahanya sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat luas.

“Sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan mengenal produk apa saja yang menjadi ciri khas, utamanya di Regional 4,” ucap dia.

Owner UKM 310, Ifah Finatry Latiep menuturkan, ini adalah kali pertama pihaknya mengikuti pameran dalam event yang digelar oleh Pelindo.

“Dalam kegiatan [Pelindo Forum] di Bogor ini, merupakan pameran perdana kami. Semoga selanjutnya kami bisa diundang lagi untuk mengikuti pameran dalam kegiatan Pelindo lainnya,” ujar dia.

Menurut Ifah, UKM 310 sudah ada sejak 2016 dengan teknik penjualan yang dilakukan secara online melalui Instagram, Facebook (Makassar Dagang), dan lewat aplikasi WhatsApp.

“Tapi paling sering melalui Word of Mouth atau dari mulut ke mulut,” imbuhnya.

Dia berharap kedepannya UKM 310 menjadi mitra binaan Pelindo, dan bisa membantu mengembangkan usaha dari aspek pemasaran dan modal serta pembinaan produk terutama yang telah dipamerkan.

“Kami memiliki beberapa produk unggulan, salah satunya adalah Ekstrak Mengkudu, yaitu sejenis kopi yang dapat dikembangkan karena memiliki segudang khasiat dan rasa yang nikmat,” terang Ifah berpromosi.

Dia juga berencana, kedepan akan menyertakan logo Pelindo di samping logo usahanya dalam setiap produk yang dihasilkan.

“Supaya pasar semakin percaya dengan produk kami, dan semakin banyak yang tertarik untuk membeli karena nama Pelindo sudah cukup besar dan menggaung di masyarakat,” tutupnya.