GMTD Dukung Pengembangan Wisata di Makassar

MEDIAWARTA, MAKASSAR – PT Gowa Makassar Tourism Development atau GMTD Tbk terus berkomitmen mendukung pengembangan pariwisata di kawasan yang menjadi salah satu ikon baru di Kota Makassar.

Pada saat ini semakin dirasakan bahwa
peranan sektor pariwisata dalam menunjang pembangunan nasional terus meningkat. Pariwisata juga merupakan salah satu sektor andalan untuk memperoleh devisa dari
penghasilan non-migas.

Pic: Ezthie Firmansyachban

Selain perolehan devisa, pariwisata juga
berperan dalam bidang-bidang strategis
yang lain, misalnya menciptakan dan memperluas lapangan pekerjaan,mendorong pelestarian lingkungan hidup, mendorong pelestarian dan pengembangan budaya bangsa serta menumbuhkan rasa cinta tanah air serta sebagai sarana pendidikan.

Sebagai industri jasa yang padat karya, sektor pariwisata akan memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi pemerataan pembangunan dan hasil-hasil pembangunan.

Meskipun pantai telah terbentuk dengan sendirinya, namun untuk berubah menjadi wisata sebuah objek wisata harus memiliki tata kelola yang baik. Pantai Akkarena salah satunya, dulu pantai ini merupakan pantai yang sangat tidak terawat, namun sejak
kawasan bisnis dan hunian Tanjung Bunga di kembangkan pantai ini berubah menjadi surga wisata bahari di Makasar.

Pic: Ezthie Firmansyachban

Dahulunya kawasan Tanjung Bunga mayoritas merupakan daerah pesisir dan rawa, yang kemudian ditimbun (reklamasi) untuk difungsikan sebagai jalan raya, bangunan komersil, fasilitas umum dan bangunan lain non komersial. Dan kini telah terbentuklah pantai indah nan eksotis, dimana kunjungan tak pernah berkurang.

Akkarena dibawah tata kelola Town Management Tanjung Bunga PT. GMTD Tbk (Gowa Makassar Tourism Development), kini menjadi objek wisata paling diminati di makasar. Pembenahan infrastruktur membuat kawasan ini terlihat semakin cantik, bahkan jauh lebih cantik dari Losari beach yang letaknya juga tidak terlalu jauh dari lokasi tersebut.

Pic: Ezthie Firmansyachban

Associate Director PT GMTD Andi Eka Firman Ermawan mengatakan Pantai Akkarena terbentang dengan luas, memiliki sebuah dermaga dengan panjang 150 meter dengan lebar 5 meter. Dari dermaga inilah pengunjung dapat menikmati keindahan pantai utamanya ketika matahari akan tenggelam. Selain itu dermaga ini juga masih berfungsi sebagai sandaran kapal-kapal wisata, dimana disetiap bagian tepinya terdapat meja dan kursi. Salah satu tempat wisata di Makassar dengan tema laut adalah wisata pantai Akkarena yang terletak di kawasan bisnis dan hunian Tanjung Bunga Makassar.

“Lokasi pantai Akkarena Makassar juga berdekatan dengan tempat wisata lain yang bertema shopping mall yaitu Trans Studio Makassar. Alamat pantai Akkarena Makassar tepatnya berada di jalan metro Tanjung Bunga Makassar. Sejarah terbangunnya wisata pantai Akkarena tidak terlepas dari sejarah dikembangkannya kawasan bisnis dan hunian Tanjung Bunga,” ungkap Eka.

Pic: Ezthie Firmansyachban

Lebih Lanjut Eka mengatakan Fasilitas umum yang ada di Pantai Akkarena sudah sangat lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya Area parkir, Kamar mandi, Kamar ganti dan Kamar bilas, Ruang Meeting,Gazebo, Spot selfie serta Penginapan.

“Bukan hanya sebatas spot selfie saja, namun area pasir pantai sering dijadikan tempat konser musik. Tentu saja dilengkapi dengan sound system, dan sebuah layar,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem mengatakan bangkitnya pariwisata pada suatu kota dapat menjadi daya tarik tersendiri pada kota tersebut dan menjadi sasaran kunjungan masyarakat.

“Pantai Akkarena menjadi salah satu ikon kota makassar, Akkarena dikelola dengan baik juga oleh PT GMTD sehingga menjadi daya tarik masyarakat yang luar biasa, hal tersebut membuat Kota Makassar semakin di kenal di luar Sulawesi hingga untuk wisatawan mancanegara,” pungkas. Roem.