Konsumen Berburu Telur Ayam di Bazar Pangan Murah, Pemprov Sulsel: Perlu Massif dan Sistematif

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Bazar Pangan Murah yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan di Taman Manccini Sombala, Rabu (21/09/2022), mendapat sambutan positif dari warga sekitar. Mereka mengaku terbantu dengan kegiatan tersebut karena bisa mendapatkan bahan pangan bermutu dengan harga yang lebih terjangkau.

Telur ayam, minyak goreng, ikan, dan beras menjadi komoditi yang paling banyak dicari warga karena harganya lebih murah dibanding di pasar atau di toko-toko klontong yang menyediakan bahan pangan itu.

Sebagai misal, satu rak telur ayam ukuran menengah di Bazar Pangan Murah, bisa didapatkan dengan harga Rp 45 ribu per rak. Harga ini lebih murah dibanding di pasar setempat yang berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 56 ribu per rak. Maka, meski belum dibuka secara resmi, warga mendatangi stan-stan yang menyediakan komoditas tersebut.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari, yang membuka acara itu, turut bergembira dengan kegiatan tersebut. “Kami sadar bahwa kenaikan harga bahan bakar minyak memicu inflasi terutama di sektor bahan pangan. Karena itu, Bazar Pangan Murah, adalah salah satu langkah untuk menekan inflasi tersebut,” katanya.

Menurut Ichsan, Bazar Pangan Murah punya efek mengganggu faktor-faktor penyebab kenaikan harga. Kenaikan harga, katanya, bisa diakibatkan oleh ketidakseimbangan pasokan dan permintaan. Juga oleh panjangnya rantai pasok (supply chain) suatu produk untuk sampai ke konsumen. Bazar Pangan Murah punya kekuatan untuk memutus rantai pasok itu karena penyedia bahan pangan bisa langsung bertemu dengan konsumen.

“Hanya saja, Bazar Pangan Murah ini tidak akan berpengaruh secara nyata kalau hanya dilaksanakan dalam waktu singkat dan sporadis. Ia menyarankan agar kegiatan ini dilakukan dalam waktu sedikit lama dan dilakukan secara sistematif, massif, dan terstruktur di berbagai tempat.

Pada kegiatan tersebut, sejumlah stan milik pemerintah menghadirkan bahan pokok strategis. PTPN XIV menyediakan gula pasir lokal. Bulog mengandalkan beras premium, beras medium, dan gula pasir. Sedangkan Pemerintah Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Barru, Kabupaten Jeneponto menyediakan produk hortikultura andalan mereka. Jeneponto, misalnya, menyediakan cabai dan bawang merah dengan harga murah.

Bazar Pangan Murah kerja yang diadakan Badan Ketahanan Pangan Sulsel bersama Bulog dan Bank Indonesia ini akan berakhir Kamis (22/09/2022) pukul 12.00 Wita. Pihak penyelenggara memastikan bahan pangan murah akan tetap tersedia hingga acara tersebut selesai.

Harga Komoditas di Bazar Pangan Murah:

Beras Premium Rp 52.000 per 5 kg
Beras Medium Rp 45.000 per 5 kg
Minyak goreng kemasan bantal Rp 12.000 per liter
Minyak goreng kemasan botol Rp 15.000 per 900 ml
Cabai merah Rp 15.000 per setengah kg
Bawang merah Jeneponto Rp 15.000 per setengah kg
Gula pasir Rp 13.500 per kg
Cabai rawit merah Rp 15.000 per setengah kg
Bawang putih Rp 20.000 per kg
Tepung terigu Rp 10.500 per kg
Daging kerbau Rp 85.000 per kg
Telur ayam Rp 45.000 per kg
Bakso sapi regular Rp 57.000 per kemasan.

Comment