Pangdam Hasanuddin: Latihan Dilaksanakan Jangan Biasa-Biasa Saja, Tapi Miliki Hasil yang Optimal

MEDIAWARTA, KENDARI – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., selaku Komandan Latihan (Danlat) memimpin Briefing Awal Latihan Posko I Korem 143/Halu Oleo TA 2022, bertempat di Makorem 143/Halu Oleo Kota Kendari. Rabu (23/11/2022).

Di awal arahannya Komandan Latihan menuturkan bahwa Latihan Posko ini bukan suatu yang rutin, dan menganggap biasanya, sehingga dalam pelaksanaaanya hanya sekedar berjalan.

“Saya ingin pelaksanaan Latihan Posko ini bisa membuat suatu rumusan sehingga nantinya apabila suatu saat, satuan Korem dilibatkan dalam kegiatan bencana alam, Korem sudah siap mulai dari Danrem sampai dengan yang paling bawah,” Jelas Mayjen Totok.

Tema pada Latihan Posko I kali ini yaitu, ”Korem 143/Halu Oleo melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah di Sulawesi Tenggara dalam rangka membantu penanggulangan terjadinya bencana alam banjir”.

Danlat mengatakan bahwa apa yang menjadi tema pada Latihan Posko ini bukan semata-mata hanya materi saja. Menurutnya penanganan ini sudah diatur dalam Undang-undang Tahun 2004 yakni UU TNI, dimana dalam pelaksanaannya TNI bersama-sama dengan instutusi lain di daerah.

Lebih lanjut Mayjen Totok menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan latihan terdapat keterbatasan, namun hal tersebut tidak dijadikan kendala utama sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan optimal.

“Pelaksanaannya hanya tiga hari, makna, kualitas, tujuan dan sasaran menjadi tujuan yang utama, laksanakan dengan optimal,” Tegasnya.

“Harapan saya, Latihan posko ini bisa berjalan dengan aman dan optimal, sesuai yang diharapkan, tidak hanya sekedar biasa-biasa namun dapat menghadirkan catatan kecil, apa yang perlu kita jadikan rekomendasi untuk berikutnya, harus ada yang baru,” Tutupnya.

Untuk diketahui, Latihan Posko I ini dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem 143/Halu Oleo dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal terpadu, kerjasama dan koordinasi dalam mengambil keputusan, teknik, olah yudha dan pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu Posko serta Kodal operasi bersama pemerintah dan lembaga non-pemerintah dalam menghadapi permasalahan bencana alam di wilayah.

Turut hadir para Pejabat Utama Kodam XIV/Hasanuddin, Danrem 143/Halu Oleo, Para Perwira Staf Korem 143/Halu Oleo, Para Wasit dan Pengendali Peserta Latihan.