Kemenkeu Mengajar Menginspirasi Anak Sekolah di Makassar

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Dalam rangkaian memperingati Hari Oeang Republik Indonesia, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengadakan kegiatan mengajar satu hari dengan nama Kemenkeu Mengajar, Pada Senin 28 November 2022 di Lima Sekolah di Kota Makassar.

Kemenkeu Mengajar merupakan sebuah kegiatan selama satu hari di Sekolah. Kegiatan Kemenkeu Mengajar bertujuan untuk membantu siswa-siswi dalam memahami APBN, manfaat APBN, serta perananannya dalam kehidupan bermasyarakat, memahami peran, tugas dan fungsi Kementerian Keuangan serta nilai-nilai Kemenkeu, dan mempraktikkan semangat antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini mengusung semangat kesukarelaan, panitia tidak memungut biaya apapun pada sekolah dan pegawai yang mengikuti Kemenkeu Mengajar juga tidak akan mendapatkan pembayaran, baik honor maupun uang perjalanan dinas. Biaya yang ditimbulkan atas penyelenggaraan kegiatan ini tidak dibebankan pada APBN, tapi murni dana urunan para relawan.

Tahun ini merupakan tahun ke-tujuh pelaksanaan Kemenkeu Mengajar. Kegiatan yang mengusung jargon “Dari Kami untuk Negeri” ini diadakan secara serentak di sekolah-sekolah mulai dari jenjang SD sampai dengan SMA yang tersebar di 37 provinsi di Indonesia. Tak hanya itu, Kemenkeu Mengajar 7 juga diadakan di 8 (delapan) Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) yang berada di 4 (Empat) negara, serta 9 (Sembilan) Sekolah Luar Biasa.

Untuk Kota Makassar, terdapat 108 relawan yang terdiri dari Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pengawas, Fungsional sampai Pelaksana secara bersinergi turut berkegiatan pada lima sekolah terpilih, yaitu: SMP Negeri 12 Makassar, Kepala Sekolah SMP Negeri 19 Makassar, Kepala Sekolah SD Inpres Unggulan Puri Taman Sari, Kepala Sekolah SD Bina Citra Indonesia, Kepala Sekolah SD Inpres Kalangtubung 1.

Kepala Kanwil DJKN yang juga sebagai Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Sulawesi Selatan, Ekka Sukadana, memimpin secara langsung upacara bendera di SD Kalangbutung 1. Sementara Syaiful (Kepala Kanwil DJPB), Eva Arifah Aliyah (Kabid KI Kanwil BC Sulbagsel), Adnan Muis (Kepala KPP Madya Makassar), dan R. Soehendro Dwitomo (Kepala KPP Maksel) akan memimpin Kemenkeu Mengajar di SD Inpres Unggulan Puri Taman Sari, SMP 12, SMP 19 dan SD Bina Citra Indonesia.

Program pengajaran dilakukan dengan metode yang menyenangkan, ringan, dan mudah dimengerti oleh anak-anak khususnya tingkat SD dan SMP. Simulasi bermain peran dilakukan untuk memudahkan materi disampaikan. Pengenalan profesi ASN pengelola keuangan negara akan menambah wawasan siswa yang dapat menjadi pilihan cita-citanya kelak.

Harapannya, kegiatan Kemenkeu Mengajar ini dapat memberikan pengetahuan baru kepada peserta didik, mengenai dasar-dasar pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), termasuk peran yang bisa dilakukan sebagai warga negara sebagai salah satu bentuk kecintaan kepada bangsa dan negara Indonesia..

“Hari Mengajar yang dilaksanakan 1 (satu) hari memang terasa singkat, namun akan dikenang oleh para murid hingga kelak mereka dewasa,” pungkasnya.

Comment