RSUP Dr Tadjuddin Chalid Makassar, Siapkan Layanan Terintegrasi di HUT ke-40

Kegiatan HUT ke-40 Tadjuddin Challid Makassar. Foto : Masyudi Firmansyah/Mediawarta

MEDIAWARTA, MAKASSAR – RSUP Dr. Tadjuddin Challid Makassar merayakan hari Ulang Tahun ke-40 RSUP yang jatuh pada tanggal 24 Desember 2022 yang berlangsung secara meriah.

Ketua Panitia HUT ke-40, dr Esa Lestary, Sp.OG, M.Kes mengatakan, ulang tahun kali ini mengangkat tema “Transformasi dan Integrasi layanan menuju Era digital’. Manajemen juga menggelar serangkaian kegiatan, diantaranya bakti sosial dan perlombaan olahraga dan seni yang melibatkan pihak internal dan eksternal,” ujarnya.

RSUP Dr. Tadjuddin Challid Makassar dalam usianya yang ke-40 telah bertransformasi menghadirkan berbagai layanan Kesehatan yang ditunjang dengan kemampuan digitalisasi. Rumah sakit ini telah memiliki SIM RS dalam menerapkan rekam medis elekteronik, serta memiliki system data dan informasi pelayanan kefarmasian (SIMPEL FAST: system pelayanan farmasi Terintegrasi) pada pengolahan system inventory, system residu, system retur, dan E-Resep, serta E-Clinical Pathway :monitoring penerapan Clinical Pathway dalam rangka kendali mutu kendali biaya dalam RS.

Saat ini terdapat 4 layanan unggulan diantaranya Bedah Vaskuler, Pelayanan Kesehatan Mata, Rehabilitasi Medik, dan Geriatri.

RSUP dr. Tadjuddin Chalid Makassar saat ini juga telah dilengkapi dengan sarana prasarana alat Kesehatan yang semakin lengkap dan canggih. Tahun ini dengan bantuan Dana PEN, RS telah siap dengan alat baru seperti MRI, ESWL, Mikroskop dan Neuronavigasi, Laparaskopi. Harapannnya dengan hadirnya alat kesehatan tersebut kualitas dan mutu layanan akan semakin meningkat.

Direktur Utama Prof dr. Mansyur Arif, Ph.D, Sp.PK(K) dalam sambutannya mengatakan, digitalisasi di bidang Kesehatan sejauh ini telah dilakukan dengan berbagai platform yang diluncurkan sebagai bagian dari transformasi digital Kesehatan untuk perbaikan mutu layanan Kesehatan.

“Di usia 40, berbagai perkembangan layanan telah dilakukan. Pencapaian rumah sakit tidak terlepas dari kerjasama segenap hospitalia yang luar biasa. Bersinergi untuk bisa sampai pada titik ini, terus mengevaluasi dalam peningkatan layanan,” tegasnya.

Turut hadir dalam puncak peringatan HUT RSUP Dr Tajuddin Chalid yakni Asisten 2 bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sulsel, Ichsan Mustari,MAM.

Ichsan Mustari menyampaikan, apa yang sudah dilakukan rumah sakit sangat luar biasa. “Berkontribusi membantu pemerintah khususnya pemerintah Provinsi Sulsel dalam memberikan layanan dan fasilitas sarana prasarana yang memuaskan dan memenuhi kebutuhan masyarakat umum. Juga menambah kualitas SDM, transformasi yang menjadi tema tahun ini harus dilaksanakan terutama pada transformasi system rujukan dengan pendekatan digital,” katanya.

Direktur Mutu Layanan Kesehatan dr Kalsum Komaryani, MPPM menambahkan, rumah sakit diharapkan melakukan transformasi teknologi Kesehatan dengan platform yang dapat diakses datanya oleh semua stakeholder dan berbagai elemen masyarakat. “Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam mengakses fasilitas layanan dalam negeri. Digitalisasi juga dilakukan untuk memudahkan pasien dalam mengakses layanan Kesehatan dan meningkatkan mutu layanan Kesehatan sehingga biaya dapat lebih terjangkau bagi pasien,” ujarnya.

Diharapkan dengan transformasi layanan Kesehatan, RSTC terus meningkatkan layanan yang terbaik bagi masyarakat dengan mengutamakan mutu dan layanan kesehatan di era digitalasi .

Puncak perayaan HUT ke-40 RSTC makin semarak dengan penampilan dari TACHA Band, penampilan artis Aty Kodong, dan pemotongan tumpeng dan pembagian hadiah dan doorprize.

“Terimakasih atas kepercayaan direksi terhadap kepanitiaan HUT tahun ini, terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dukungan dari segenap pihak baik BUMN, dan pihak swasta,” tutup ketua panitia.

Comment