PGI Sulsel Gelar Turnamen Golf Bertaraf International di Gowa 

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Turnamen Golf internasional akan dihelat di Kabupaten Gowa pada 2 Februari – 4 Februari 2023. South Sulawesi Amateur Open Series II 2023 yang digelar oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sulawesi Selatan di Lapangan Golf Padivalley Gowa, Sulawesi Selatan.

Ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sulsel Yunan Yunus Kadir menyampaikan disela-sela jumpa dengan media Makassar, turnamen SSAO Series II baru akan dilaksanakan pada 2023 setelah beberapa tahun absen karena pandemic COVID-19.

“Kita menggelar turnamen tahun berskala internasional dan Alhamdulillah surat kita sudah mendapat respon dari pengurus golf luar negeri,”ucapnya.

Yunan juga mengutarakan, dalam SSAO Series II tersebut bakal diikuti 70 atlet dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara seperti China, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Bahkan beberapa pengurus golfer dari berbagai negara di Eropa seperti Prancis sudah mengirimkan surat elektronik (surel) untuk berpartisipasi dalam kalender event PGI tersebut.

Selain itu kata dia tak hanya SSAO Series II yang menjadi kegiatan puncak, turnamen pembuka lainnya akan digelar dan bertempat di Samata Amateur Inter Club yang akan diikuti oleh 100 golfer.

“Kalau SSAO Series II 2023 itu pesertanya 70 orang, sementara untuk Samata Amateur Inter Club sekitar 100 orang golfer. Kami pastikan meskipun dua agenda tetapi lapangan golf kita itu sangat panjang dan luas sehingga ini masih memadai,”ungkapnya.

Adapun para atlet muda kata Yunan yang masih berstatus amatir dipastikan akan mengikuti setiap rangkaian turnamen untuk memastikan dan menambah poinnya dalam daftar peringkat World Amateur Golf Rangking (WAGR).

“Jika dalam pertandingan menggunakan sistem Tee Time, yakni memulai pertandingan dengan waktu tertentu, sehingga banyaknya peserta tidak mengganggu lancarnya pertandingan,”bebernya.

Sementara pada hari kedua pertandingan, akan dilihat poin atau peringkat yakni dari 1-30 untuk memastikan tiket di partai final pada hari ketiganya.

Untuk mekanismenya sendiri lanjut dijelaskan Yunan peserta sudah ada dari China.

“Kami juga mengundang rangking dunia.
Untuk Indonesia kita akan datangkan rangking 10 besar. Mau tidak mau, dia akan ikut karena memperbaiki rangking dunia,”jelasnya.

Salah satu tujuan digelarnya event ini adalah agar pegolf amatir di Indonesia terutama dari Sulsel bisa terdongkrak, tanpa harus ke luar negeri dan Jakarta.

“Event kedua ini, diharap jadi warna positif. Terutama untuk perkembangan atlet,”tambahnya.

Ia optimis turnament ini akan berlangsung seru, karena pemain terbaik Indonesia akan hadir. Diantarnya Jonatan dan Jordan Roger 10 besar terbaik Indonesia dimana Kegiatan internasional ini dihadirkan untuk melahirkan atlet terbaik dan jadi motivasi atlet.

Sementara itu Ketua Panitia SSAG II dan Internasional klu pun menambahkan Herman Agus Mahmud Atlet peringkat 1-10 di Indonesia di undang khusus untuk hadir. “Supaya atlet yang ada di Sulsel bisa menimba ilmu,”jelasnya.

Diketahui pada event SSAG nantinya atlet internasional juga digratiskan grandfee dan penginapan.Untuk target Peserta sekira 70 atlet. Atlet lokal sekitar 30 orang.

Rangking 1-30 masuk ke hari ketiga atau final,untuk juara Juara 1 akan mendapatkan uang pembinaan Rp 10 juta,juara Rp 2 7,5 Juta, juara 3 Rp5 Juta
dan Juara 4 2,5 Juta.

“Untuk yang rangking 1sampai 20 pada kegiatan ini akan mendapat poin langsung untuk peringkat dunianya,”ungkapnya.

Khusus Samata Amatir Inter Klub, seri ke-5 ini bagian memeriahkan kegiatan. Ini kegiatan rutin kita yang sangat ditunggu-tunggu, khususnya klub dari Indonesia Timur, satu klub satu tim atau empat orang.

Komang Ayu