125 Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Village Observasion Desa Ampekale

MEDIAWARTA, MAROS – SMA Islam Athirah Bukit Baruga menggelar kegiatan observasi desa (village Observation) di Desa Ampekale, Kabupaten Maros dengan tema Menumbuhkan Kemandirian Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Menuju Pelajar Pancasila, Rabu (25/1/2023). Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari dari tanggal 25-28 Januari 2023.

Village observation tersebut bertujuan untuk para siswa dididik belajar hidup mandiri. Selain itu, dengan tinggal di desa, mereka diajak bersosialisasi dengan masyarakat. Lebih jauh, para siswa akan mencoba melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh penduduk desa.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Camat Bontoa, Mulyiadi S.STP. dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa anak anak SMA Islam Athirah Bukit Baruga adalah anak anak yang bisa diandalkan.

“Insya Allah anak anak kita bisa menyesuaikan dengan kondisi di desa, karena ini adalah pengalaman yang baik untuk melatih kemandirian buat anak anak kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan di desa Ampekale merupakan desa yang berada di pesisir sehingga kondisinya adalah kesulitan air bersih.

“Karena kami disni sangat sederhana, airnya susah masyarakat disini beli pakai tangki. Jadi hemat hemat pakai air walaupun demekian kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat kita bersyukur saat imimasih banyak stok air,” ujarnya.

Ia pun mengungkapkan terima kasih kepada SMA Islam Athirah Bukit Baruga yang memilih lokasinya di kegiatan observasi desa yang ke-10.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan observasi desa Sumardi Uddin menjelaskan dari kegiatan ini diharapkan siswa dapat belajar hidup bersama.

“Bagaiamana merasakan suka dan duka didesa, Dan dapat mengelola rasa simpati dan empati,” tuturnya.

Terpisah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Islam Athirah Bukit Baruga Sabaruddin mengatakan Village Observastion adalah program unggulan dari SMA Islam Athirah Bukit Baruga.

“Village Observastion Program unggulan untuk membangun tiga hal yakni leadership, kepekaan sosial dan kepedulian lingkungan sebagai bentuk pembelajaran diluar kelas,” jelasnya.

Diketahui, Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Desa Ampekale, sekretaris desa Ampekale, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga dan Wakil Kepala Sekolah SMA Islam Athirah Bukit Baruga.