Bosowa School Makassar Gelar Kegiatan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Bosowa School Makassar (BSM) laksanakan kegiatan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi siswa Kelas X SMA. Kegiatan ini digelar sebagai bentuk mengekspresikan “Toleransi dan Intoleransi” dalam berbagai karya mulai dari talkshow, kampanye, hingga produksi film pendek, Rabu (25/1/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Program P5 dilaksanakan selama dua semester dengan tema yang beragam. Adapun tema yang diangkat pada Fase E adalah Bhinneka Tunggal Ika dengan topik spesifik “Toleransi dan Intoleransi”.

Guru penanggung jawab program, Rifky Wijaya menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama dua minggu dengan berbagai kegiatan secara bertahap yang bertujuan untuk memahami konsep toleransi dan intoleransi melalui interaksi sosial di sekolah dan kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan diawali dengan edukasi mengenal bentuk toleransi dan intoleransi secara teori dan juga observasi lapangan. Kemudian diadakan sharing session “Diversity Talk” dengan tema indahnya keberagaman di sekolahku, membuat poster dan kaos “Peranku dan Solusiku”, kampanye toleransi melalui media sosial, dan puncak kegiatan siswa memproduksi film pendek”, tutur Rifky.

“Harapannya melalui produksi film pendek, siswa mampu mengeinterpretasikan pemahaman konsep toleransi dan intoleransi dalam bentuk visual,” jelas Rifky.

Menutup Program P5 ini juga diadakan kegiatan screening film bersama seluruh siswa Bosowa School Makassar sebagai selebrasi dan apresiasi atas kerja keras siswa dan juga menjadi bagian dari proses pembelajaran dan pembentukan karakter bedasar pada nilai-nilai Pancasila.

Comment