Konsisten Dalam Gerakan Indonesia Bersih, Pegadaian Kanwil Makassar Bantu Bank Sampah Tamarunang Yonarmed 6

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Sebagai upaya perusahaan dalam mendukung program pemerintah “Gerakan Indonesia Bersih” sekaligus sebagai perwujudan edukasi lingkungan hidup dan literasi finansial Pegadaian Kanwil Makassar memberikan bantuan kepada Bank Sampah Tamarunang Batalyon Armed 6/3 Kostrad Makassar Kamis (26/01/2023)

Penyerahan dilakukan oleh Pemimpin Wilayah PT. Pegadaian Kanwil VI Makassar Edy Purwanto kepada Komandan Batalyon Armed 6/3 Bayu Ardhita Nugroho di Batalyon Armed 6/3 Kostrad Makassar.

Bantuan yang diserahkan berupa satu unit motor 3 roda dan 1 unit timbangan sampah yang nantinya bisa memudahkan operasional Bank Sampah Tamarunang dalam mengangkut sampah dan menghitung berat sampah dari para anggota.

Pemimpin Wilayah PT. Pegadaian Kanwil Makassar mengatakan dengan adanya bantuan ini diharapkan kinerja Bank Sampah Tamarunang semakin baik sehingga dapat memberikan kontribusi yang bermafaat bagi anggota dan masyarakat sekitar Yonarmed 6.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti BUMN untuk Indonesia, sesuai dengan komitmen Perusahaan untuk mencapai SDGs khususnya pilar lingkungan sebagai penyangga kehidupan di masa depan. Kami berharap kolaborasi yang baik antara Yonarmed 6/3 dengan Pegadaian untuk mewujudkan program Memilih Sampah Menabung Emas (MSME) yang nantinya akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat,” kata Edy.

Komandan Yonarmed 6 Bayu Ardhita Nugroho mengucapkan terima kasih kepada Pegadaian Kanwil Makassar yang telah bersilaturahmi dan menyempatkan memberikan bantuan sarana dan prasarana Bank Sampah Tamarunang Yonarmed 6.

“Kebijakan nasional berupa Bank Sampah ini kami harap dapat berjalan secara berkesinambungan. Bukan hanya slogan atau pun jargon saja,” ungkap Bayu.

Bayu juga melaporkan bahwa Bank Sampah Tamarunang Yonarmed 6 berada di posisi pertama kinerja Bank sampah paling optimal.

“Kami cukup berbangga dengan adanya bank sampah kami disini sehingga semua anggota semakin termotivasi peduli terhadap lingkungan.” kata Bayu.

Permasalahan sampah memang menjadi sorotan dunia. Tercatat Kota Makassar, Volume sampah mencapai 7.374 Ton Per bulan  dengan sekitar 10 persen diantaranya adalah sampah plastik yang mencemari lingkungan. Diharapkan dengan adanya program ini dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah secara berkelanjutan serta meningkatkan kesadaran mewujudkan kelestarian lingkungan.

Comment