Tiga Prodi Fak.MIPA Unhas Jalani Proses Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Tiga Program Studi Universitas Hasanuddin menjalani proses visitasi dari Lembaga akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). Pembukaan kegiatan berlangsung mulai pukul 11.00 Wita di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, Rabu (21/2/2024).

Adapun tiga program studi dari Fakultas Farmasi dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yakni
1. S1 Kimia
2. S1 Farmasi
3. S2 Ilmu Farmasi

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., ), Ketua MWA Unhas, Senat Akademik, para Wakil Rektor, para Ketua Lembaga dan jajarannya, para Direktur dan jajarannya, serta para Dekan di lingkup Unhas.

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. JJ dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya atas pelaksanaan proses asesmen akreditasi internasional yang kembali dilakukan di Universitas Hasanuddin. Dirinya menuturkan proses ini merupakan kesempatan baik bagi Unhas untuk menunjukkan kualitas dan potensi dalam menjalankan pendidikan.

Lebih lanjut, Prof JJ juga merasa senang karena proses visitasi bisa kembali berlangsung secara tatap muka. Mengingat, pada masa pandemi Covid-19, asesmen seperti ini berlangsung secara online. Selain itu, menurut Prof JJ, pelaksanaan akreditasi diperlukan sebagai standar untuk menjamin mutu setiap program studi. Dengan meningkatkan status akreditasi internasional yang dimiliki, menjadi upaya dan komitmen menuju World Class University.

“Peningkatan kualitas mutu pendidikan Unhas sejalan dengan arah kebijakan dan strategi universitas melalui visi dan misi. Pemenuhan kualifikasi dan kompetensi dosen serta prestasi mahasiswa juga menjadi peran penting dalam setiap capaian universitas menjalankan tridarma perguruan tinggi,” jelas Prof JJ.

Setelah sambutan pembuka dari pimpinan Universitas, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para asesor ASIIN. Secara umum, para asesor memberikan pertanyaan terkait proses pembelajaran, fasilitas sarana prasarana, penjaminan mutu, serta capaian Unhas secara umum.

Adapun para asesor ASIIN yang terlibat dalam proses visitasi, yaitu:
1. Prof. Dr. Holger Stark, University Düsseldorf
2. Prof. Dr. Is Fatimah, Universitas Islam Indonesia
3. Prof. Dr. Elida Zairina, Universitas Airlangga
4. Ms Natasha Era Radita, Taiho Pharma Asia Pacific, Jakarta
5. Miss Rifda Tarimi Octavia, Universitas Airlangga, student
6. Dr. Emeline Jerez, ASIIN Office

Pembukaan asesmen ASIIN berlangsung lanl hingga pukul 13.00 Wita dan dilanjutkan dengan proses asesmen pada masing-masing program studi yang diakreditasi. Proses asesmen dijadwalkan berlangsung hingga Kamis (22/02).

Comment