Aliyah Mustika Ilham Sosialisasi Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit

MEDIAWARTA, GOWA – Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham gelar sosialisasi Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit di Lokasi Wisata Kampar, Kab. Gowa, Jumat (19/5/2023).

Sosialisasi ini dalam rangka upaya melakukan pencegahan terhadap binatang pembawa penyakit, serta sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD).

Sosialisasi ini dihadiri oleh ratusan masyarakat Kab. Gowa, sebagai upaya gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS).

Sosialisasi ini terselenggara dengan bermitra bersama Kementerian Kesehatan RI, dan dihadiri oleh Ketua Tim Direktorat Survelen dan Karantina Kesehatan, Yahidin Selian.

“Salah satu tugas pokok dan fungsi kami adalah bagaimana melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit vektor dan Binatang Pembawa Penyakit (BPP) di pintu masuk pelabuhan. Tindakan dapat ditentukan dengan faktor kecepatan dan ketepatan dalam mendeteksi. Melakukan antisipasi berupa respon cepat terhadap adanya suatu kejadian penyakit di pintu masuk pelabuhan,” ujarnya.

Dalam sosialisasi ini juga dilakukan pemaparan materi, oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kab. Gowa, dr Gaffar, serta beberapa nara sumber yang relevan dan diskusi untuk mendapatkan masukan dan sharing, yang berkaitan dengan tantangan, kendala, strategi, dan keberhasilan antar stakeholder tentang penanganan penyakit DBD dan bagaimana pencegahannya.

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD Prov. Sulsel, Rismawati Kadir Nyampa, dan Anggota DPRD Kab. Gowa, Abdul Salam dg Rani.

Comment