FDK UIN Alauddin Penguatan Visi dan Misi Menuju Unggul

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar menggelar Focus Group Discussion (FGD) Revisi Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) di Remcy Hotel Makassar, Senin (20/5/2024).

Kegiatan yang mengusung tema “Penguatan Visi dan Misi melalui Inovasi dan Kolaborasi menuju Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Unggul” ini dibuka langsung oleh Dekan FDK UIN Alauddin, Prof. Rasyid Masri.

“Jadi sebetulnya, ini bagian dari tindak lanjut pembahasan Visi Misi Universitas. Hari ini, kita diskusikan, kita selaraskan dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi,” kata Rasyid dalam sambutannya.

Sejauh ini terang dia, beberapa Program Studi (Prodi) di FDK tengah melakukan reakreditasi dan konversi akreditasi.

Ia berharap melalui revisi VMTS fakultas ini, bisa membawa delapan Prodi yang ada di FDK meraih akreditasi yang memuaskan.

“Yang paling kita harapkan ini adalah KPI. Sekarang akreditasinya A, tinggal kita poles di ISK, mudah-mudahan bisa unggul. Begitu pula kepada Prodi Manajemen Dakwah,” tuturnya.

Sementara Pakar Kurikulum UNM yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini, Dr Arnidah menjelaskan, Visi Misi fakultas dan Prodi harus punya kesesuaian dengan Visi dan Misi Universitas.

“Jadi kesesuaian itu penting untuk diperhatikan, karena ini yang menjadi salah satu penilaian tim asesor karena ini berkaitan dengan indikator. Visi misi ini kan jadi acuan dalam membuat kebijakan,” papar Arnidah.

Dari visi misi itulah kata Arniddah, penjabaran kurikulum bisa dilakukan dengan lebih detail dan menjurus. Ia menyarankan, tiap Prodi sebaiknya memberikan penciri khusus dalam kurikulumnya.

“Penciri itu bisa didasarkan dari visi misi PT dan UPPS, Potensi daerah seperti budaya, norma dan agama masyarakat. Disisi lain, juga termasuk kesepakatan asosiasi, masukan alumni dan pemakai lulusan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Revisi VMTS FDK ini tidak hanya melibatkan tim revisi saja, namun juga melibatkan unsur pihak internal dan eksternal fakultas seperti Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, Alumni serta Mitra dari masing-masing program studi.

Comment