Jelang World Habitat Day, Pegadaian Kanwil Makassar Dukung Pelestarian Terumbu Karang di Bulukumba

MEDIAWARTA, MAKASSAR – PT Pegadaian Kanwil VI Makassar kembali menunjukkan komitmennya dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui kegiatan transplantasi karang yang digelar di Kawasan Dego-Degona Bira, Desa Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara menyambut World Habitat Day yang akan diperingati pada 7 Oktober 2024.

Kegiatan transplantasi karang ini terlaksana berkat kerja sama antara Bagian TJSL PT Pegadaian Kanwil VI Makassar dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Darubiah.

Pelestarian terumbu karang ini sejalan dengan Tujuan 14 dari Sustainable Development Goals (SDGs), yang menekankan pentingnya melestarikan dan memanfaatkan sumber daya kelautan secara berkelanjutan.

Terumbu karang, yang menghasilkan lebih dari 50% oksigen di udara, memiliki peran penting bagi kehidupan di bumi dan manusia.

Iwan Darmawan, Kepala Departemen Business Support PT Pegadaian Kanwil VI Makassar yang membawahi bagian TJSL, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini dan berharap agar program ini berkelanjutan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini. Harapan kita bersama, semoga ini berkelanjutan dan terus dilaksanakan dalam bentuk kegiatan apapun yang mendukung program berkelanjutan,” ujar Iwan.

Selain memberikan bantuan berupa sarana dan media transplantasi karang, Pegadaian juga mendukung kegiatan maintenance karang untuk jangka waktu hingga 16 bulan. Dari 50 media yang digunakan, diharapkan akan tumbuh sekitar 1.200 anakan karang.

Kegiatan ini juga diikuti oleh anggota komunitas pencinta alam, pemuda, dan siswa sekolah, yang mendapatkan edukasi dari penggiat pelestarian karang, Gaiaone, dan Indo Ocean Project.

Dukungan juga datang dari perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bulukumba, Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, dan Pemerintah Desa setempat.

Melalui program TJSL, Pegadaian Kanwil Makassar berkomitmen untuk terus melaksanakan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat sebagai wujud tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

Comment