Disbud Kota Makassar Perkenalkan Rumah Budaya di Kancah Regional

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Kementerian Dalam Negeri melakukan evaluasi perkembangan desa kelurahan Tahun 2023, Jumat (21/7/23).

Pemerintah Kota Makasar dan Kementerian Dalam Negeri, membahas mengenai lomba kelurahan tingkat regional Dirjen Bina Pimdes di Kelurahan Maccini Sombala Makassar, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.

Seperti diketahui, Maccini Sombala keluar sebagai juara pertama Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).
<span;>Maka secara otomatis, akan mewakili di kancah nasional.

Tim penilai dari Kementerian Dalam Negeri, melakukan penilaian di Kelurahan Maccini Sombala, dari 3 aspek yaitu aspek pemerintahan, wilayah hingga masyarakat.

Menurut Ketua Lembaga Adat Daerah/ Ketua Sanggar Tumapabiritta, Kaharuddin SH Dg Masang, banyak kegiatan yang menyangkut kebudayaan, dilakukan di sanggar tersebut.

“Kami memperkenalkan Rumah budaya kepada semua tamu, khususnya tim penilai dari luar kota,” katanya

“Pertunjukan tapak suci, Angngaru, Mappadendang, pusaka-pusaka bernilai sejarah dan lainnya, di rumah budaya ini,” lanjutnya.

Sementara, Kepala Bidang Warisan dan Promosi Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Ludfi Alamri mengungkapkan, pihaknya berfokus melakukan kegiatan-kegiatan kebudayaan. Termasuk musik, pembinaan kampung budaya, prosesi budaya seperti pencucian benda benda pusaka, semua dilakukan di rumah budaya.

“Menggunakan APBD Kota Makassar, dan semua kegiatan di Rumah Budaya ini, disupport penuh oleh Dinas Kebudayaan Kota Makassar,” sebutnya.

Adapun para tim ahli penilai dari Kemendagri, sangat Antusias dalam melakukan visit ke Rumah budaya, yang dikelola langsung oleh Dinas Kebudayaan Makassar.

<span;>Tentunya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Makassar, sehingga di gadang-gadang akan menjadi Juara 1 lomba kelurahan tingkat nasional.

Comment