Permudah Identifikasi, Pertamina Patra Niaga Sulawesi Luncurkan QR Code untuk Mobil Tangki BBM

MEDIAWARTA, DONGGALA – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi secara resmi meluncurkan QR Code untuk mobil tangki Agen BBM Industri pada Kamis (22/8/2024) di kantor Pertamina Integrated Terminal Donggala.

Peluncuran ini dihadiri oleh Region Manager Corporate Sales bersama tim, serta Integrated Terminal Manager Donggala dan tim dari Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi.

Program inovatif ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dan pemangku kepentingan dalam mengidentifikasi mobil tangki agen BBM industri resmi milik Pertamina, dengan membedakannya dari mobil tangki yang tidak berafiliasi dengan Pertamina.

QR Code yang terpasang pada badan mobil tangki memungkinkan identifikasi data mobil secara mudah dan akurat, sehingga konsumen dapat lebih mengenali dan memastikan keaslian BBM yang diangkut.

“Sering kali stakeholders kami mempertanyakan apakah mobil tangki berwarna putih biru yang mereka lihat merupakan transportir resmi Pertamina. Dengan hadirnya QR Code ini, kami berharap proses pengenalan mobil tangki agen BBM industri yang mengangkut BBM Pertamina menjadi lebih mudah,” ujar Ferry Pasalini, Region Manager Corporate Sales Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi.

Ferry menjelaskan lebih lanjut bahwa QR Code ditempatkan pada bagian belakang badan mobil tangki dan pintu samping pengemudi, berfungsi sebagai identitas atau jaminan mutu bahwa BBM yang diangkut resmi dibeli dari depot Pertamina atau agen BBM industri yang berafiliasi dengan Pertamina.

“Proses pengecekan mobil tangki sangat sederhana, cukup dengan memindai QR Code menggunakan aplikasi pemindai QR yang dapat diunduh di Playstore atau Appstore. Setelah pemindaian, pengguna akan diminta memasukkan nama dan nomor WhatsApp untuk menerima One Time Password (OTP) yang dikirimkan oleh sistem,” jelas Ferry.

Setelah pemindaian berhasil, informasi detail seperti nama agen, status, penanggung jawab, alamat agen, masa berlaku pengangkutan BBM industri, nomor polisi, dan identitas kendaraan lainnya akan dikirimkan ke nomor WhatsApp yang dimasukkan.

Fahrougi Andriani Sumampouw, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, menyampaikan bahwa pemberian QR Code untuk mobil tangki BBM industri di wilayah Sulawesi akan dilakukan secara bertahap.

“Saat ini, penerapan QR Code dimulai dari Integrated Terminal Donggala, yang merupakan pusat distribusi BBM di Sulawesi Tengah, dengan jangkauan distribusi di seluruh wilayah Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Fahrougi juga menjelaskan lebih lanjut mengenai layanan yang diberikan oleh agen penyalur BBM industri, “Agen-agen ini menyediakan produk BBM nonsubsidi seperti Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex untuk mesin diesel.”

Sebagai penutup, Fahrougi menekankan pentingnya pembelian BBM industri melalui agen resmi Pertamina, “Dengan membeli BBM industri secara resmi dari agen Pertamina, Anda turut berkontribusi pada pembangunan daerah melalui unsur perpajakan seperti Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), Pajak Penghasilan (PPh), dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).”

Comment