Mulia Creative Hub dan Mulia Skill Academy Hadir untuk Memenuhi Kompetensi Keahlian Anak Muda Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar dari nomor urut 1, Munafri Arifuddin dan Aliyah Mustika Ilham kembali menyapa anak muda Makassar melalui program Gen Mulia Keliling Kota. Kali ini kegiatan digelar di Vaan in Sky, jalan Baji Minasa, Kecamatan Mariso, Minggu (20/10). 

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh calon Walikota Munafri Arifuddin ini, mengangkat tema Memuliakan Kreativitas Anak Muda.

“Saya mau bilang begini, bahwa perhatian kita, fokus kita terhadap perkembangan industri kreatif di kota Makassar ini memang harus menjadi sesuatu yang, menjadi prioritas utama. Artinya, anak-anak Makassar ini tidak pernah kehilangan atau kehabisan ide-ide kreatif. Tapi yang menjadi persoalan adalah bagaimana mereka diberikan fasilitas untuk mengembangkan itu, bagaimana mereka diberi ruang untuk mengembangkan itu, dan bagaimana mereka diberikan support,” ujar Appi, sapaan Munafri Arifuddin saat membuka kegiatan di hadapan ratusan anak muda yang memadati Cafe Vaan in Sky.

“Paling pertama barangkali kita bicara infrastruktur terhadap penyediaan venue atau tempat-tempat yang bisa dilakukan kegiatan-kegiatan kreatif. Dan hari ini saya amaze karena ada tempat yang luar biasa seperti di sini. Ke depan tidak melulu harus disediakan atau dibuat baru oleh pemerintah. Tetapi ada tempat-tempat yang muncul dari ide kreatif anak muda, enterprenuer muda, lalu bisa saja itu menjadi tempat untuk dikerjasamakan dengan pemerintah dalam menggelar kegiatan-kegiatan yang mendukung anak muda. Pemerintah harus punya anggaran yang lebih untuk bagaimana memaksimalkan kegiatan-kegiatan kreatif anak muda yang ada di Makassar. Kalo di kita (Mulia) salah satunya kita sudah memberikan sebuah bukti yg namanya Mulia Creative Hub di Makassar. Nah inilah nantinya prototipe yg akan ada di seluruh kecamatan di kota Makassar, yang mendekatkan anak muda dengan fasilitas-fasilitas untuk upgrading skill anak muda. Kalo kita punya skill lebih spesifik, lebih terarah, tentu ini akan dilirik para pencari tenaga kerja. Bisa juga menjadi enterprenuer. Inilah komitmen kami di Mulia untuk memperhatikan anak muda,” tambahnya.

Untuk meningkatkan skill tersebut, Mulia juga membangun Mulia Skill Academy. Anak muda Makassar yang ingin meningkatkan keahliannya misalnya dalam hal editing, programming, public speaking, coding, dan lain sebagainya akan diajarkan di Mulia Skill Academy. Penambahan skill kepada anak muda ini agar memenuhi syarat yang diinginkan oleh beberapa para pencari tenaga kerja.

“Pemerintah berperan sebagai regulator yang akan memberikan regulasi yang baik bagi para anak muda yang berada di wilayah UMKM dan industri kreatif. Salah satunya adalah bagaimana kita membuat regulasi yang kuat terkait relaksasi pajak, akses permodalan, pemberdayaan, agar supaya industri kreatif ini benar-benar bisa terproteksi dan tidak menjadi industri yang gampang naik lalu gampang jatuh. Bagaimana UMKM bisa naik kelas, bagaimana menghadirkan event-event besar di kota Makassar. Tidak usah pemerintahnya ikut cawe-cawe bikin event. Biarkanmi anak-anak muda yang punya pemikiran kreatif lalu pemerintahnya support dengan sangat maksimal. Ini yang kita inginkan. Saya bermimpi someday di kota Makassar ini ada suatu tempat yang bisa menghadirkan artis-artis dari luar negeri. Dampak ekonominya akan sangat luar biasa” ungkap Appi yang disambut tepuk tangan oleh seluruh anak muda yang hadir.

Kita sudah membuktikan bahwa kita telah membuat yang namanya Mulia Creative Hub. Kita sudah duluan. Industri kreatif ini memang menjadi salah satu fokus yg harus kita kerjakan dengan sangat serius. Karena kreatifitas tak terbatas yang dimiliki anak muda kita ini tentu akan membawa dampak positif bagi kita semua. Bukan hanya tentang teknologi, tapi saya mau banyak anak muda yang bisa pergi keliling Eropa, keliling dunia seperti penari, pemain musik tradisional, dan juga suatu saat nanti ada game yang dibuat oleh anak Makassar yang memiliki nilai edukasi. Sehingga bisa bermanfaat dan mengharumkan nama Makassar di level internasional” pungkasnya.

Gen Mulia Keliling Kota merupakan salah satu kegiatan yang digelar dengan tujuan mensosialisasikan Mulia Creative Hub agar lebih dekat dengan anak-anak muda Makassar. Selain memperkenalkan Mulia Creative Hub, juga ada talkshow dan acara hiburan lainnya di setiap Road Shownya. (*)

Comment