Final Festival Kelong 2024, Panggung Seni Tradisi yang Lahirkan Bakat Muda Makassar

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Dinas Kebudayaan Kota Makassar (Disbud Makassar) sukses menyelenggarakan Final Festival Kelong Makassar 2024 di Fort Rotterdam pada Kamis (22/8/2024).

Acara ini menjadi panggung bergengsi bagi 15 grand finalis yang telah lolos seleksi dari lima zona di 15 kecamatan Kota Makassar, menampilkan seni kelong—tradisi lisan khas Makassar yang kaya akan nilai sejarah dan budaya.

Festival Kelong Makassar 2024 tidak hanya menampilkan talenta lokal yang berbakat, tetapi juga dimeriahkan oleh penampilan spesial dari band-band ternama seperti J-Rocks, Rainbow Head, dan Udhin Leaders.

kegiatan ini semakin menarik dengan kehadiran Eca DA6, Nur Agus Salim, dan Lady Valeska.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Herfida Attas, dalam sambutannya, menegaskan bahwa Festival Kelong 2024 adalah upaya nyata untuk melestarikan kebudayaan Kota Makassar melalui seni lagu daerah.

“Masyarakat Makassar sangat antusias mengikuti Festival Kelong. Tahun ini, banyak peserta dari kalangan milenial, dan yang menarik, para pemenang di lima fase rata-rata adalah anak muda,” ungkapnya.

Herfida juga menambahkan, partisipasi milenial yang tinggi menandakan bahwa generasi muda siap untuk menjaga keberlanjutan seni kelong.

“Saya bangga dengan adanya festival ini, karena Kota Makassar akan terus melahirkan penyanyi-penyanyi handal yang tidak hanya membawakan lagu-lagu barat, tetapi juga lagu daerah Makassar. Saya berharap para juara di Festival Kelong ini bisa menjadi penyanyi handal di masa depan,” harapnya.

Festival Kelong 2024 menjadi upaya pelestarian kekayaan tradisi yang telah diwariskan secara turun-temurun.

Kegiatan ini juga mencerminkan komitmen Kota Makassar untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal, sekaligus mendukung generasi muda dalam berkarya dan berkreasi.

Staf Ahli Walikota, Aryati Puspa Abadi, menyampaikan bahwa Festival Kelong dapat menjadi wadah pengembangan bakat generasi muda serta melatih kaum milenial agar terus berkesenian.

“Banyak bakat muda di lorong-lorong Kota Makassar yang berpotensi menjadi penerus Alm. Iwan Tompo, Alm. Anci Laricci, dan Ridwan Sau,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Pemerintah Kota Makassar sangat mendukung kegiatan ini dan berkomitmen memberikan ruang kepada para seniman untuk mengembangkan potensi dan bakat mereka.

“Dari Festival Kelong, akan lahir artis-artis lokal yang profesional dan akan mengharumkan nama Makassar di kancah nasional,” tutupnya.

Comment