Speedboat Free Dive Alami Mati Mesin, KN SAR Kamajaya 104 Dikerahkan untuk Evakuasi

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Sebuah speedboat dengan nama lambung Free Dive dilaporkan mengalami mati mesin dan terombang-ambing di perairan Pulau Marasende, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, pada Senin (24/6/2024).

Speedboat ini membawa tiga orang penumpang (POB) yang berangkat dari Pulau Butung-Butungan, Pangkep menuju Pulau Lae-Lae, Makassar.

Speedboat mengalami mati mesin sekitar 15 nautical miles dari Pulau Marasende, Pangkep, di tengah pelayarannya. Kepala Kantor Basarnas Makassar, Arif Anwar, menyatakan bahwa informasi ini diterima dan segera ditindaklanjuti dengan mengerahkan KN SAR Kamajaya 104 untuk melakukan evakuasi.

“KN SAR Kamajaya 104 dengan Tim Rescue tengah menuju lokasi perkiraan kapal berada,” kata Arif Anwar.

Jarak tempuh ke lokasi speedboat sekitar 74 nautical miles arah barat dari Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, yang diperkirakan memakan waktu sekitar 7 jam 30 menit.

Arif Anwar berharap posisi kapal tidak terbawa arus jauh dari lokasi terakhir yang dilaporkan sehingga Tim SAR Gabungan bisa segera menemukan speedboat dan mengevakuasi seluruh penumpang dengan selamat.

“Semoga speedboat tersebut bisa segera ditemukan dan seluruh POB yang ada dievakuasi selamat,” ujarnya.

Comment