Pertamina Patra Niaga Pastikan Penerapan AKHLAK di IT Makassar

MEDIAWARTA, MAKASSAR – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, sub-holding dari PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang Commercial & Trading Bahan Bakar Minyak dan LPG, selalu berupaya memenuhi kebutuhan energi masyarakat di Sulawesi.

Dalam kegiatan Management Walkthrough (MWT) di Integrated Terminal Makassar, VP Human Capital System PT Pertamina (Persero) bersama Tim Manajemen PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melaksanakan kunjungan pada Selasa (23/7/2024).

Kunjungan ini bertujuan meninjau dan memperkuat pelaksanaan keselamatan operasional, termasuk aspek Process Safety & Asset Integrity Management System, serta mengkaji kondisi sumber daya manusia dalam mengimplementasikan tata nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif).

Fokus utama kunjungan ini mencakup sejumlah topik penting untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional, seperti pengelolaan risiko Health Safety Security & Environment (HSSE), evaluasi kinerja fasilitas kritis, kebersihan area kerja, pembelajaran dari kejadian-kejadian penting, pengujian fungsional fasilitas penanggulangan keadaan darurat, serta kenyamanan dalam bekerja.

“Keselamatan dan kehandalan operasional adalah prioritas utama Pertamina. Melalui kunjungan ini, kami berkomitmen untuk memastikan bahwa semua fasilitas kami beroperasi dengan standar keselamatan tertinggi dan terus berupaya meningkatkan aspek keselamatan dan selalu bersiap untuk menghadapi berbagai tantangan,” ungkap Indah Kurnianingsih, VP Human Capital System PT Pertamina (Persero).

Indah juga menekankan pentingnya lingkungan kerja yang nyaman untuk menciptakan suasana dan kinerja terbaik bagi pekerja di Pertamina.

“Kami ingin memastikan tata nilai AKHLAK sudah diterapkan dengan baik oleh seluruh pekerja dan mitra kerja Pertamina, sehingga dapat menciptakan high-performance culture. Aspek sumber daya manusia merupakan aset penting sebagai katalisator dalam mencapai visi dan misi Pertamina untuk menjadi perusahaan kelas dunia,” jelasnya.

Pertamina, sebagai BUMN, selalu mengedepankan tata nilai AKHLAK dalam operasionalnya. Core values ini dirancang khusus untuk transformasi human capital di lingkungan BUMN guna meningkatkan daya saing agar menjadi pemain global serta memposisikan BUMN sebagai pabrik talenta.

Sejalan dengan tata nilai AKHLAK, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menyatakan bahwa Pertamina berupaya beradaptasi dengan kondisi lingkungan kerja dan bersinergi dengan para pemangku kepentingan.

“Dengan berlandaskan tata nilai AKHLAK, kami berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi konsumen dan seluruh masyarakat, serta berkolaborasi dengan stakeholders terkait di Sulawesi dalam rangka pemenuhan BBM dan LPG. Dalam kunjungan ini, aspek sumber daya manusia berperan penting dalam menjalankan operasional yang handal sehingga BBM dan LPG dapat didistribusikan dengan baik,” ungkapnya.

Comment