Bea Cukai Makassar Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter Pertama

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Kedatangan jemaah haji selalu menjadi momen yang dinantikan dalam rangkaian ibadah haji bagi masyarakat Indonesia.

Setiap tahun, ribuan jemaah yang telah menunaikan ibadah di Tanah Suci tiba kembali di Tanah Air dengan penuh haru dan rasa syukur.

Kloter pertama jemaah haji dari Embarkasi UPG Makassar, yang berangkat pada 12 Mei lalu, tiba kembali di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada Minggu, 23 Juni 2024, dengan 450 jemaah.

Kedatangan kloter 01 ini diterima oleh Pih. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, H. Andi Darmawan Bintang, dalam prosesi penyambutan di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Djaka Kusmartata, dan Kepala Bea Cukai Makassar, Ade Irawan. Ketua PPIH, H.Muh. Tonang, mengungkapkan rasa syukur karena kloter 01 Debarkasi Makassar kembali ke Tanah Air dalam keadaan selamat.

Ade Irawan menyampaikan, “Alhamdulillah, perjalanan dan ibadah haji khususnya yang tiba di Debarkasi Makassar berjalan lancar. Ini bukan hanya sekedar kegiatan logistik, tetapi juga momentum kebersamaan dan solidaritas nasional,” Selasa (25/6/2024).

Peran Bea Cukai sebagai community protector sangat penting dalam mendukung kelancaran kedatangan jemaah haji, termasuk pengawasan dan pelayanan barang impor dan ekspor dari awal keberangkatan hingga kepulangan jemaah.

Bea Cukai Makassar berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan memastikan bahwa seluruh barang bawaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain pemeriksaan barang bawaan, Bea Cukai juga menyediakan layanan registrasi IMEI di Asrama Haji untuk memudahkan jemaah yang membeli HKT (Handphone, Komputer Genggam, Tablet) dari luar negeri.

Kedatangan jemaah haji kloter pertama tahun 2024 ini merupakan bukti nyata dari keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji khususnya di Debarkasi Makassar.

Dengan kolaborasi dan sinergi seluruh instansi terkait, keberhasilan penyelenggaraan haji diharapkan terus berlanjut hingga kedatangan kloter terakhir.

Comment