GoTo Luncurkan GoPay Merchant Khusus UMKM

MEDIAWARTA, JAKARTA,-GoTo Financial, unit bisnis financial technology (fintech) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GTF), hari ini Kamis (25/7) meluncurkan aplikasi baru. Aplikasi tersebut adalah GoPay Merchant yang ditujukan khusus oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Chief Operating Officer GoTo Hans Patuwo, menjelaskan bahwa aplikasi tersebut didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan UKM Indonesia. Menurutnya, peluncuran GoPay Merchant sesuai dengan visi-misi perusahaan untuk memberikan layanan dan akses finansial mudah bagi masyarakat Indonesia.

“Aplikasi ini dihadirkan oleh unit bisnis financial technology GoTo yaitu GoTo Financial atau lebih sering dipanggil Gopay. Kalau kita lihat visi dan misi GoPay itu simpel dan dari dulu tidak berubah, yaitu memberi layanan dan akses finansial yang mudah dan relevan kepada seluruh masyarakat Indonesia termasuk pemilik UMKM,” kata Hans di Kantor Gojek Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan.

Group Head of Merchant Services GoTo Financial Haryanto Tanjo, lantas merinci sejumlah fitur unggulan GoPay Merchant. Pertama adalah proses proses pendaftaran QRIS yang simpel dan cepat lewat aplikasi GoPay Merchant. Ia menjelaskan QRIS bisa langsung jadi dalam 30 detik setelah pendaftaran lengkap dan langsung dipakai untuk menerima pembayaran di toko atau warung.

“Proses pendaftaran QRIS ini merupakan yang tercepat di Indonesia,” bebernya.

Fitur kedua, adalah pemilik usaha bebas mencairkan uang hasil penjualan kapan saja setiap harinya, termasuk pengaturan secara otomatis saat jam operasional toko tutup. Haryanto menjelaskan tidak ada batas maksimal jumlah uang yang bisa dicairkan oleh pengguna, hal ini untuk memberi fleksibilitas bagi pelaku UMKM untuk menjaga perputaran uang usaha.

“Selain bisa mencairkan uang kapan saja, merchant juga dapat menjadwalkan pencairan hasil jualan pada akhir jam operasional toko setiap harinya,” tuturnya

Sementara fitur ketiga adalah GoPay Spiker, Haryanto menjelaskan bahwa perangkat tersebut berguna untuk memberi notifikasi bagi penjual yang menerima bukti transfer pelanggan. Ini berarti penjual bisa berdagang lebih aman, GoPay Spiker mengurangi potensi penipuan dari pembeli dari modus menunjukkan bukti screenshot pembayaran palsu sampai nominal pembayaran yang tidak sesuai.

“Fitur ini juga membantu merchant untuk dapat melayani pembeli dengan lebih cepat karena tidak perlu bolak-balik memeriksa aplikasi untuk verifikasi transaksi,” pungkas Haryanto.

Comment