Narasumber Bincang Kampus Tribun Timur, Dosen FST UIN Alauddin Makassar Bahas Pembelajaran SAVAR

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Salah satu Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar, Dr. Ir. A. Muhammad Syafar, A.Md, ST, MT, IPM menjadi narasumber Podcast Bincang Kampus Tribun Timur.

Kegiatan itu berlangsung di Studio Lantai 3 Tribun Timur, Jalan Cenderawasih No 430, Kota Makassar.

Bincang Kampus ini disiarkan langsung melalui kanal Yotube Tribun Timur

Dalam podcast tersebut, Dr. Ir. A. Muhammad Syafar membahas tentang inovasinya dalam dunia pembelajaran, yaitu pengembangan pembelajaran Savar berbasis Augmented dan Virtual Reality (AR dan VR).

“Konsep ini dikenal dengan singkatan SAVAR, yang merupakan modifikasi dari berbagai model pembelajaran yang relevan dengan integrasi teknologi digital,” jelasnya.

Menurut Dr. Ir. A. Muhammad Syafar, SAVAR mengacu pada konsep Substitution, Augmentation, Virtual Learning, Apply, dan Reevaluation.

Model ini, kata Dia tidak hanya mengintegrasikan materi pembelajaran ke dalam teknologi digital, tetapi juga mempertimbangkan karakteristik penting seperti sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional, dan dampak pengiring.

“Metode pengembangan SAVAR dilakukan melalui tahapan model pengembangan baru hasil modifikasi dari berbagai model pembelajaran yang ada. Penelitian ini termasuk dalam kategori Research & Development (R&D), dengan evaluasi dilakukan melalui metode black box dan survei tanggapan pengguna,” paparnya.

“Hasil studi menunjukkan bahwa aplikasi SAVAR mendapatkan respon positif dari mahasiswa, dengan nilai kevalidan media rata-rata 3,33 dan respon pengguna 3,19, menunjukkan tingkat efektivitas yang sangat baik,” tambahnya.

Dr. Ir. A. Muhammad Syafar juga menjelaskan bahwa penamaan SAVAR diambil dari namanya sendiri, sebagai penghormatan kepada tradisi ilmiah di mana penemuan sering dinamai sesuai dengan nama penemunya.

Comment