Sidang Promosi Doktor Suhrah, Hasilkan Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Inggris Berintegritas Nilai-Nilai Islam

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar sidang promosi doktor oleh Suhrah S Pd M Pd, di Gedung Profesi Pendidikan Guru (PPG) UIN Alauddin Makassar, Selasa (25/6/2024).

Suhrah S Pd M Pd meraih gelar doktor (S3) setelah mempertahankan disertasinya dengan judul Pengambangan Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Inggris Terintegrasi Nilai-Nilai Islam di SMA IT Kelas X Al Mawar Kolaka.

Saat memaparkan disertasinya, Suhrah mengatakan dalam penyusunan bahan ajar berupa modul, konten materi menjadi salah satu fokus utama, sebab itu merupakan inti dari materi yang diajarkan.

“Konten materi sebaiknya berisi informasi yang dibutuhkan siswa, yakni yang sesuai dengan kompetensi yang diajarkan dan sesuai level kemampuan siswa yang isinya bersifat kontekstual,” ucapnya.

Ia menambahkan, modul tersebut dinyatakan valid, praktis dan efektif setelah dilakukan uji kevalidan oleh tim validator, uji kepraktisan dan keefektifan oleh tim observer dalam uji terbatas.

Suhrah berharap, setelah adanya bahan ajar ini, Kemendikbud dapat menerbitkan buku pembelajaran bahasa Inggris yang bernuansa islam.

“Semoga juga, para dewan guru mata pelajaran umum yang mengajar di SMA, bisa mengaitkan materi ajar dengan nilai-nilai keislaman agar peserta didik memahami dan mengamalkannya,” Ia mengakhiri.

Comment