Kolaborasi Bersama Tiga Perguruan Tinggi di Makassar, Unibos Kembali Mengabdi di Kabupaten Gowa

MEDIAWARTA, GOWA – Universitas Bosowa (Unibos) bersama Universitas Patompo dan Universitas Teknologi Sulawesi selenggarakan pengabdian masyarakat pada tiga desa di Kab. Gowa, Kamis (25/7/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan ketiga Universitas yakni Rektor Universitas Teknologi Sulawesi, Drs. Andi Alimuddin, M.Si., Dekan FT Universitas Patompo, Dr. Ir. Andi Arifuddin Iskandar, MP.,IPM., dan Wakil Dekan I FT Unibos, Dr. Ir. Ahmad Yauri Yunus, S.T., M.T., bersama jajran dosen FT Unibos dan mahasiswa peserta PKM yang akan ditugaskan pada tiga desa di Kab. Gowa yakni Desa Manuju, Desa Tanah Karaeng dan Desa Moncongloe.

Adapun dalam agenda pembukaan, Dr. Ir. Ahmad Yauri Yunus, S.T., M.T., selaku Wakil Dekan I Fakultas Teknik Unibos, turut menyampaikan sambutan dengan menjelaskan maksud dan tujuan dari pengabdian masyarakat kali ini.

“Kami dari tiga PTS ini turun ke lapangan untuk mengetahui apa saja permasalahan yang dihadapi masyarakat dan kita bersama-sama mencari solusinya sebagai wujud nyata kontribusi perguruan tinggi terhadap pembangunan dan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Kemudian, ia juga menyebutkan bahwa pada kesempatan ini, Unibos akan melakukan pembimbingan dalam pembuatan peta geologi pada masyarakat serta akses teknologi informasi di desa.

“Pada kesempatan ini, kami akan melakukan pendampingan pada masyarakat dalam pemetaan geologi desa untuk mengetahui dan melihat potensi desa dalam aspek geologi,” pungkasnya.

Terakhir, ia juga mengungkapkan harapannya agar pemetaan geologi yang dilaksanakan kali ini dapat menjadi contoh bagi desa lain agar dapat lebih menggali potensi geologi yang dimiliki.

“Pemetaan geologi ini mungkin yang pertama di Sulsel, dan kami harap pemetaan yang kami laksanakan di Desa Manuju bisa jadi percotohan bagi desa-desa lainnya,” ungkapnya.

“Dan kami dari ketiga PTS ini akan tetap menjamin keutuhan kolaborasi ini akan selalu bersama dalam kegiatan-kegiatan perguruan tinggi dan berkomitmen pada masyarakat bahwa apa yang kami sampaikan kepada beberapa desa itu betul-betul akan diaplikasikan oleh masyarakat disana,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penerimaan mahasiswa PKM oleh pimpinan desa yang dibuka oleh Dekan FT Unibos, Dr. H. Nasrullah, S.T., M.T. bersama jajaran Wakil Dekan dan Dosen FT Unibos.

Comment