Prof Muhammad Yunus Dikukuhkan sebagai Guru Besar Pertama di Universitas Patompo

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Rektor Universitas Patompo Makassar, Prof Dr H Muhammad Yunus dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Patompo oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IX Dr Andi Lukman M.Si.

Ceremoni pengukuhannya digelar sebelum pelaksanaan Wisuda Universitas Patompo, Program Sarjana dan Magister Periode II Tahun Akademik 2023/2024, di Claro Hotel Makassar, Rabu (27/12/2023).

Prof Muhammad Yunus dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Sosiologi Pendidikan dan Ekologi sekaligus sebagai Guru Besar Pertama Universitas Patompo.

Muh Yunus ditetapkan sebagai Guru Besar melalui Surat Keputusan (SK) Mendikbudristek Nomor 26317/M/07/2023 per tanggal 1 April 2023, yang dibacakan oleh Kabag Umum LLDIKTI Wil. IX Sultanbatara, Syahruddin, ST., MM.

Kepala LLDIKTI IX, Dr Andi Lukman, dalam sambutannya mengaku bangga atas pencapaian dari Prof Muhammad Yunus, yang terbilang cepat di lingkungan LLDIKTI Sultan Batara, bahkan di Indonesia.

“Semoga ke depan, akan hadir lagi Guru Besar di kampus ini yang senantiasa membanggakan LLDIKTI IX,” katanya.

Sementara, Prof Muhammad Yunus dalam pidato pengukuhannya menyampaikan, apa yang dicapainya saat ini, merupakan suatu penghargaan yang luar biasa bagi dirinya bersama keluarga.

Pidato pengukuhan yang berjudul “Transformasi Pendidikan di Era Society 5.0, Prof Muhammad Yunus memaparkan, tranformasi pendidikan merupakan proses pengembangan, pembaruan dan penyesuaian paradigma pendidikan dengan tunturan zaman.

“Era Society 5.0 merupakan sebuah konsep yang saat ini sedang berkembang secara fundamental, yang mampu mengubah cara hidup seseorang dalam bekerja maupun berhubungan satu dengan lainnya,” jelasnya.

Prof Muhammad Yunus mengungkapkan, era 5.0 pada seluruh aspek kehidupan, mulai menyentuh dunia virtual, membentuk seluruh konektivitas manusia dan data, yang seluruhnya sudah dapat diakses dimana mana. Dikenal dengan istilah Internet of Things (IoT).

Comment