Prof Hasmiyati Raih 51 Suara dari 64 Anggota Senat, dalam Pemilihan Rektor UNM

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) UNM, Prof Dr Hasmiyati. Foto: Internet

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) UNM, Prof Dr Hasmiyati unggul telak dalam pemilihan rektor Universitas Negeri Makassar yang berlangsung secara tertutup dalam rapat senat di Menara Pinisi, Selasa (27/2/2024).

Calon rektor nomor urut 5 Prof Hasmiyati, mengumpulkan 51 suara dari 64 anggota senat. Posisi kedua ditempati Prof Dr Karta Jayadi dengan lima suara dan Prof Dr Hasnawi Haris empat suara.

Pemilihan rektor dipimpin Ketua Senat Universitas Negeri Makassar, Prof Dr Jamaluddin. 64 anggota senat menggunakan hak suaranya secara tertutup.

Setelah terpilih 3 calon rektor yang dinyatakan lolos tahapan penyaringan, penentuan Rektor UNM selanjutnya ada di tangan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Nantinya, Mendikbudristek menjadi penentu siapa bakal Rektor UNM periode 2024-2028 hal itu tertuang dalam Permenristekdikti Nomor 19 Tahun 2017 dan Nomor 21 Tahun 2018.

Menteri melakukan penelusuran rekam jejak calon Pemimpin PTN Pemilihan dilakukan dalam rapat Senat tertutup yang dilaksanakan oleh Senat bersama Menteri

Menteri memiliki 35 persen hak suara dari total pemilih yang hadir. Adapun Senat memiliki 65 persen hak suara dan masing-masing anggota Senat memiliki hak suara yang sama.

Calon Pemimpin PTN dengan suara terbanyak ditetapkan sebagai calon Pemimpin PTN terpilih.

Penetapan calon Pemimpin PTN terpilih dituangkan dalam berita acara.

Tahapan selanjutnya penetapan dan pelantikan. Dan terakhir menteri menetapkan dan melantik calon Pemimpin PTN terpilih

Diberitakan sebelumnya, lima guru besar UNM mendaftarkan diri sebagai bakal calon Rektor UNM 2024-2028. Mereka adalah Prof Andi Muhammad Ichsan Ali, Prof Hasmyati, Prof Karta Jayadi, Prof Eko Hadi Sujiono dan Prof Hasnawi Haris.

Berikut Nomor Urut Calon Rektor dan Nama Calon Rektor UNM:

Nomor Urut 1: Prof Hasnawi Haris

Nomor Urut 2: Prof Andi Muhammad Ichsan Ali

Nomor Urut 3: Prof Eko Hadi Sujiono

Nomor Urut 4: Prof Karta Jayadi

Nomor Urut 5: Prof Hasmiyati

Comment