Penerimaan Visitasi Kepemimpinan Nasional PKN, Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Berbagi Tips Kelola Pemerintahan

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Zudan Arif Fakrulloh, menerima visitasi kepemimpinan nasional Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXIV Tahun 2024, di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (28/8/2024).

Prof Zudan menerima pimpinan rombongan Widyaiswara Ahli Utama LAN RI, Dr. Retno Setijowati. Peserta dengan latar belakang direktur lembaga nasional, kepala OPD provinsi dan kabupaten, serta sekretaris DPRD.

“Menerima rekan-rekan dari Lembaga Administrasi Negara kelas Jatinangor, Ibu Retno bersama para peserta selamat datang di Makassar dan selamat datang di Provinsi Sulawesi Selatan,” kata alumni dari LAN yang mengikuti PKN II Tahun 2013 dan PKN I Tahun 2019 ini.

“Saya hari ini menerima tamu-tamu hebat, pemimpin-pemimpin muda Indonesia di tempat ini, ada dari provinsi, ada dari kabupaten dan kementerian/lembaga,” imbuhnya.

Acara Visitasi Kepemimpinan Nasional ini diisi dengan sesi diskusi dan kunjungan lapangan yang berfokus pada berbagai aspek pemerintahan, termasuk inovasi dalam pelayanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dia menjelaskan terkait bagaimana sumber daya manusia dapat dibahagiakan, baik itu pegawai pemerintah ataupun masyarakatnya, meningkatkan pendapatan daerah, transformasi tata kelola pemerintahan dengan digitalisasi, serta rebranding organisasi dengan mengomunikasikan dan melakukan publikasi kegiatan atau capaian pemerintah.

“Pasti teman-teman akan mendapat ilmu yang bermanfaat, minimal menjadi agile birokrasi, birokrasi yang lincah, tangguh, gesit dan mampu menjawab tantangan ke depan dan mampu menyelesaikan masalah saat ini,” harapnya.

Mereka, para peserta menanyakan bagaimana berbagai hal. Misalnya, Karo Hukum dan Organisasi, Badan Penguasaan Kawasan Perdagangan Batam, Alex Sumarna terkait penerapan transparansi untuk membuat rumusan kebijakan dalam pemerataan pembangunan di Sulsel yang luas dengan masyarakat yang beragam.

Sedangkan Direktur Pengawasan Produksi Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan, Sondang Widya Estikasari menanyakan terkait terobosan layanan publik melalui digitalisasi serta kebijakan yang bisa mengatasi persoalan ketersediaan pangan.

Adapun pimpinan rombongan Widyaiswara Ahli Utama LAN RI, Dr. Retno Setijowati mengakui hasil yang didapatkan luar biasa. “Pertama kami salut karena beliau menerima sendiri. Kedua, apa yang beliau sampaikan sama dengan tema kami,” sebutnya.

Prof Zudan juga mengajak para peserta untuk menikmati alam Sulsel. Dirinya memperkenalkan keindahan alam yang dimiliki serta kuliner khas Sulsel.

Acara ini diakhiri dengan pertukaran cenderamata dari Prof Zudan kepada pimpinan rombongan sebagai simbol persahabatan dan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sulsel dan para peserta VKN.

Sedangkan pendamping penjabat gubernur terdiri dari Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Muhammad Rasyid; Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Prof. Muhammad Jufri; Plh Kepala Dinas Kominfo, Sultan Rakib; Sekretaris Dinas Pendidikan, Andi Asri Ibrahim; Sekretaris Badan Pendapatan Daerah, Hasan Sulaiman.

Comment