Ini Uang Terkeren di Dunia

MEDIAWARTA.COM – Mata uang apa yang menguasai pasar global? Semua pasti akan menjawab Dollar Amerika Serikat. Di balik itu, ternyata ada juga uang terkeren di dunia, berdasarkan desain dan estetikanya, yaitu uang New Zealand. 

Sebagaimana dilansir World Economic Forum, Kamis (28/4/2106), International Bank Note Society (IBNS) mengumumkan hasil dari Banknote of The Year Awards 2015. Pemenangnya adalah uang New Zealand pecahan 5 dolar. 

Uang 5 dolar New Zealand berhasil mengalahkan hampir 40 desain mata uang, dari 20 negara. Itu didasarkan gabungan gambar dan fitur keamanan. 

Mengapa sampai dikatakan terkeren oleh IBNS? Desain uang 5 dolar tersebut berwarna orange dan coklat, dengan fitur gambar pendaki gunung New Zealand, Sir Edmund Hillary dan Mount Cook (Aoraki) di satu sisi. 

Sementara di sisi lain adalah gambar pinguin bermata kuning, dengan warna yang bisa berubah seperti hologram. 

Untuk bisa dinilai dalam penghargaan ini, uang tersebut harus diluncurkan pertama kali dalam tahun yang sama saat penghargaan itu dilakukan, dan harus beredar. 

Juri menilai uang tersebut berdasarkan nilai artistik dan desain yang imajinatif, serta aspek keamanan yang termasuk dalam uang tersebut. Pada 2015 lalu, hampir 150 uang kertas diluncurkan. Sayangnya hanya 40 uang kertas yang layak masuk nominasi.

Comment