Foto: ignouproject.in

Ini keuntungannya jika mencari pekerjaan di job fair

MEDIAWARTA.COM – Ini keuntungannya jika mencari pekerjaan di job fair. Saat ini, banyak perguruan tinggi atau perusahaan pencari kerja (head hunter) rajin mengadakan job fair atau job expo. Meskipun bursa kerja seperti ini selalu nampak ramai diserbu pencari kerja, tidak menutup kemungkinan seorang calon pekerja tetap bisa memperoleh pekerjaan yang layak.

Jadi, jangan patah semangat dulu karena banyak keuntungan berburu pekerjaan selain melalui koran atau media online. Seperti dikutip dari femina.co.id, mencari pekerjaan di job fair pasti hemat.

Pasalnya, suatu kegiatan job fair biasanya diikuti puluhan bahkan ratusan perusahaan. Artinya, seseorang bisa melamar ke berbagai perusahaan dan posisi hanya di satu tempat. Selain itu, efisien energi dan waktu karena tidak perlu berpindah dari satu gedung ke gedung berikutnya. Biaya transportasi pun bisa ditekan serendah mungkin. Yang pasti, melalui sistem online pada job fair, kita hanya perlu menyampaikan curriculum vitae (CV) melalui flash disk. Hemat sekali, bukan?

Kesempatan kerja lebih lebar. Banyaknya perusahaan yang berpartisipasi memberikan pilihan lebih besar bagi kita. Belum lagi jika satu perusahaan ternyata membuka beberapa lowongan sekaligus. Kita pun bisa melamar di perusahaan yang tidak terpikirkan sebelum melihatnya di job fair. Atau, posisi dan bidang lain bila sedang mempertimbangkan arah karier yang baru.

Baca Juga:   DANCOW FortiGro Edukasi Cara Mudah Pilah Sampah di HPSN 2020

Wawancara langsung. Ada juga perusahaan yang langsung mewawancarai  pelamar saat job fair itu juga. Dengan begitu, mempersingkat langkah kita untuk bekerja. Tidak perlu cemas menunggu panggilan kerja. Kita pun langsung tahu kondisi perusahaan bersangkutan melalui si pewawancara.

Mencari yang tersembunyi. Tidak hanya melamar “on the spot”, kita juga bisa bertanya langsung mengenai posisi lain dan tenaga kerja yang dibutuhkan. Setelah itu, ceritakan kondisi kita, ajukan diri, dan tanyakan peluang diterima kerja. Siapa tahu bisa mewujudkan pekerjaan impian kita.

Update networking. Selain peluangnya banyak, bursa kerja bisa juga jadi ajang untuk memperluas relasi. Kita bisa berkenalan dengan sesama pengunjung, dapat juga dengan perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi. Sekaligus, meng-update perkembangan terbaru bidang karier. Kita bisa lihat sejauh mana persaingan kerja dan usaha akhir-akhir ini. Jadi, biar tida dapat pekerjaan saat itu, paling tidak sudah memiliki modal lain untuk ke depannya.

Komentar

Check Also

900 Pendidik Kalimantan Timur Telah Dilatih Siapkan Siswa Hadapi Era Industri 4.0

MEDIAWARTA. COM Kalimantan Timur – Sebanyak kurang lebih 900 pendidik di Kalimantan Timur Telah Dilatih …

Share This
Mediawarta