Foto: Istimewa

Tips Atasi Rasa Pahit pada Masakan Peria

MEDIAWARTA.COM – Lebaran sisa beberapa hari lagi, beberapa bahan untuk makanan diincar sebagai menu favorit buat merayakannya di Idul Fitri, tidak terkecuali sayur-sayuran dan buah-buahan.

Menyoal sayuran dan buah, Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya akan sayur dan buah. Sehingga, bahan-bahan tadi mudah ditemukan untuk menjadi bahan olahan menu pada Lebaran nanti.

Salah satu sayur yang memiliki daya tarik cukup tinggi, namun tidak semua orang bisa mengolah dan memasaknya adalah peria atau lebih dikenal dengan sebutan “pare”.

Peria adalah tanaman yang merambat, buahnya menyerupai mentimun tetapi memiliki kulit keriput dan rasa yang khas, pahit. Mengingat rasa peria yang sangat pahit, hal inilah yang menjadikan peria kerap diabaikan dan tidak disukai.

Sekadar diketahui, peria merupakan salah satu sayur yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Peria biasanya diolah menjadi masakan tumis ataupun direbus untuk sajian siomai. Agar bisa menikmati masakan peria yang lezat dan tidak pahit, ada beberapa cara praktis yang bisa dilakukan untuk menghilangkan pahit peria tersebut.

Gunakan Gula Pasir

Belah dua hingga tiga peria menjadi dua bagian, buang isinya lalu potong kecil-kecil sesuai selera. Selanjutnya, tambahkan gula sekitar lima sendok makan atau secukupnya. Campur potongan peria dengan gula pasir, lalu remas-remas peria hingga air di dalamnya keluar. Remas terus hingga sebagian besar air peria keluar. Jika sudah, cuci peria dengan air bersih lalu peras lagi. Peria sudah siap untuk dimasak tumis bersama ikan asin ataupun telur.

Baca Juga:   Gastros Immune Booster Package Siap Penuhi Asupan Gizi, Dengan Layanan Delivery Service

Gunakan Garam

Cara menggunakan garam sebenarnya sama dengan menggunakan gula. Kupas peria, buang isinya lalu potong kecil-kecil sesuai selera. Masukkan garam dalam peria yang sudah dipotong, dan diamkan sekitar 15-30 menit. Peras peria hingga layu dan sebagian besar air peria keluar. Cuci menggunakan air mengalir yang bersih hingga tekstur peria kesat.

Daun Jambu Biji

Penggunaan daun jambu biji untuk menghilangkan pahit peria cukup mudah. Ambil peria, belah dan buang isinya. Setelah itu, iris sesuai selera. Siapkan setidaknya lima hingga tujuh lembar daun biji. Cuci peria dan daun jambu biji, lalu rebus dalam air panas sampai layu. Tambahkan garam secukupnya untuk menghilangkan pahit peria. Jika sudah layu, selanjutnya angkat peria dan saring, lalu cuci dengan air bersih. Peras peria hingga kesat, dan peria siap ditumis ataupun dibuat sajian lainnya.

Itulah beberapa tips menghilangkan rasa pahit peria. Untuk cara yang lebih praktis, bisa merebus peria dengan air garam. Tetapi, jika hanya direbus tanpa diperas, rasa pahit yang berkurang pada peria hanya sedikit.

Jadi, dengan mengetahui beberapa tips ini diharap ibu rumah tangga khususnya, tak ragu lagi menyajikan menu ini di Lebaran nanti.

Sumber: majalahkuliner.info

Komentar

Check Also

Chicken Parmigia Waroenk, Steik Ayam Khas Italia-Amerika yang Menggiurkan

MEDIAWARTA.COM, KUPANG – Selain spageti dan piza (sering ditulis pizza) yang sudah menjadi makanan ikonik dunia, …

Share This
Mediawarta