Home / NEWS / SULSEL / KURBANESIA, berkah untuk pekurban, peternak dan dhuafa.

KURBANESIA, berkah untuk pekurban, peternak dan dhuafa.

MEDIAWARTA.COM, Tebar hewan kurban (THK) adalah salah satu program sosial pemberdayaan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Republika sejak tahun 1414 H (1993 M) yang kini menginjak tahun ke 23. Tahun ini tema yang diangkat adalah “kurbanesia, berlimbah keberkahan. Dengan KURBANESIA pastinya akan mendatangkan berkah untuk pekurban, peternak dan dhuafa. ” Dengan dukungan para donatur dari tahun 1994 s.d 2015  Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa telah mendistribusikan Hewan Kurban 530.811 kambing, & 5.597 sapi, dengan total pekurban 200.061 donatur. Dompet Dhuafa menargetkan sedikitnya 25.000 ternak untuk disebarkan ke seluruh pelosok Indonesia di tahun 2016 ini. Selain di dalam negeri, sebagian hewan kurban juga akan didistribusikan ke beberapa negara di dunia.

Andriansyah selaku Direktur Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan, menjelaskan bahwa program Tebar Hewan Kurban (THK) Kurbanesia bertujuan untuk mengajak masyarakat agar kurban tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh orang kota, tapi juga bisa sampai di seluruh wilayah indonesia. Serta keberkahannya dirasakan oleh pekurban, peternak, maupun dhuafa penerima manfaat daging kurban.

“kita sebagai lembaga zakat nasional ingin membantu dhuafa untuk merasakan kebahagiaan yang sama seperti masyarakat kota pada umumnya yg bisa merasakan nikmatnya daging kurban di hari raya.  Esensinya berkurban tidak hanya bisa bernilai ibadah, tapi juga sebagai bentuk  kepedulian terhadap sesama baik itu dhuafa penerima daging maupun peternak di desa agar lebih berdaya. Maka kami mengajak seluruh warga kota makassar khususnya, jangan ragu menyalurkan kurban melalui dompet dhuafa, karena lebih mudah pembayarannya bisa transfer, jemput kurban maupun bayar di kantor layanan kita, juga praktis karena tidak repot mencari hewan kurban, dan cepat pelaporan kurbannya.” Imbuhnya. Mengenai kualitas hewan kurban sendiri pekurban tidak perlu ragu karena dompet dhuafa menerapkan sistem Quality Control secara berkala kepada mitra peternak di desa.

“seperti hal nya di tahun 2015 Dompet dhuafa sulawesi selatan tebar 16 hewan kurban di 12 kabupaten, tahun ini kita targetkan 20 ekor sapi dan 20 kambing untuk kita tebar ke 13 kabupaten.” Ungkap Andri. Khusus untuk sulawesi selatan sendiri lebih dari 100 ekor hewan kurban akan di distribusikan ke beberapa kabupaten dari donatur pekurban warga Jakarta. Khusus untuk Dompet Dhuafa cabang Sulawesi Selatan sendiri menargetkan penyaluran kurban kurang lebih 20 ekor sapi dan 20 ekor kambing yang akan di sebar keseluruh pelosok sulawesi selatan dengan  penerima manfaat kurang lebih 2000 orang. Hewan kurban akan disalurkan di beberapa target wilayah dengan kriteria mayoritas dhuafa, terpelosok, minoritas muslim, dan jarang memakan daging kurban.

“selain alasan syariat kami berupaya memberikan pelayanan dan kepuasan kepada para pekurban, maka kami memiliki standar minimum Bobot sapi dan kambing melalui proses Quality control, hal ini juga agar semakin banyak penerima manfaat yg merasakan dagingnya.” Tambahnya.

Untuk Harga Paket Kurban Dompet Dhuafa tahun ini terbilang cukup terjangkau, Kambing Standar dengan bobot 25 kg – 29 kg di banderol Rp 1.975.000,-, sedangkan sapi lokal standar dengan bobot 250 – 290 kg di harga Rp 13.500.000,- Harga sudah termasuk Biaya operasional.

Demi memudahkan transaksi kurban para donatur dompet dhuafa memberikan layanan jemput uang kurban 24 jam untuk makassar dan sekitarnya di 0853 7321 1111 atau bisa juga transfer kurban ke rekening BNI syariah 300.551.7080 atas nama dompet dhuafa, untuk metode ini pekurban perlu mengkonfirmasi ke 0853 7321 1111 / 0411 459 068 agar nama perkuban bisa terdata. Selain itu dompetdhuafa juga hadir di beberapa pusat perbelanjaan seperti indomart, lottemart, mal-mal besar yang ada di kota makassar. Info lebih lanjut bisa mengunjungi kantro yang beralamat di jl. Abd. Daeng sirua no 170A, makassar.

Komentar

Check Also

Daeng Ical resmikan kantor baru Dompet Dhuafa Sulsel

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Bapak Wakil Walikota Makassar, Dr. Syamsu Rizal MI, S.Sos. M.Si yang akrab disapa …