Home / EDUKASI / Mahasiswa baru Politeknik Pariwisata Makassar ikuti kegiatan Pembinaan Sikap Dasar Profesi

Mahasiswa baru Politeknik Pariwisata Makassar ikuti kegiatan Pembinaan Sikap Dasar Profesi

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Mahasiswa baru Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar mengikuti kegiatan Pembinaan Sikap Dasar Profesi (PSDP) mulai Senin, (1/8/2015) hingga Sabtu (6/8/2015). Kegiatan tersebut diawali upacara pembukaan yang diikuti 451 orang peserta PSDP yang berlangsung di Lapangan Kampus Poltekpar Makassar, Jalan Gunung Rinjani, Tanjung Bunga Makassar.

Ketua Panitia PSDP 2015 yang juga merupakan Kepala Sub Bagian Administrasi Kemahasiswaan Poltekpar Makassar, menjelaskan kegiatan PSDP bertujuan untuk menanamkan kesamaan persepsi tentang mental dan sikap profesi yang harus dimiliki mahasiswa baru yang datang dari latar belakang yang berbeda-beda untuk dapat beradaptasi dalam proses perkuliahan di Poltekpar Makassar.

“PSDP juga bertujuan untuk menanamkan disiplin dan sikap profesi yang merupakan suatu upaya untuk mengarahkan dan mengenalkan mahasiswa baru tentang kampus Poltekpar Makassar dan penyelenggaraan sistem pendidikan di Poltekpar Makassar,” tambahnya.

Kegiatan yang berlangsung selama enam hari ini diisi ceramah umum beberapa narasumber, di antaranya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Ketua PHRI Sulsel, Ketua Asita Sulsel, dan psikolog. Peserta PSDP juga akan diajarkan tata upacara, peraturan baris-berbaris, kesamaptaan, dan juga bela diri dasar. Seperti tahun-tahun sebelumnya, mereka dilatih anggota Brimob Polda Sulselbar yang sengaja diundang panitia PSDP. Kegiatan PSDP Poltekpar Makassar ditutup acara inaugurasi, Sabtu (6/8/2015).

Direktur Poltekpar Makassar, Komang Mahawira dalam sambutannya mengatakan setiap mahasiswa Poltekpar Makassar wajib mengikuti dan juga lulus dalam kegiatan PSDP ini.

“Setiap mahasiswa Poltekpar wajib untuk mengikuti serta harus lulus dalam mengikuti kegiatan PSDP, dan itu akan dibuktikan dengan sertifikat tanda kelulusan. Bagi mereka yang tidak ikut pada tahun ini atau dinyatakan tidak lulus, maka mereka harus mengikuti kegiatan PSDP tahun yang akan datang. Mahasiswa Poltekpar Makassar yang tidak mempunyai sertifikat PSDP tidak dapat menjadi alumni. Tahun ini terdapat delapan mahasiswa yang tahun sebelumnya tidak lulus atau tidak mengikuti PSDP turut menjadi peserta,” paparnya.

Komang menambahkan, kelulusan peserta PSDP akan sangat ditentukan dari hasil penilaian yang diperoleh masing-masing mahasiswa setelah melalui tahap-tahap penilaian, seperti sikap profesional (komunikasi yang efektif, grooming, greeting, performance, self confidence), integritas (loyalitas, kejujuran, komitmen, moral, adil, empati, konsisten, tanggung jawab, dan rajin), kedisiplinan (tepat waktu, patuh, dan taat), tingkat kehadiran minimum 80 persen.

Komentar

Check Also

Apakah Doa Buka Puasa Kita Sudah Benar? Berikut Doa Buka Puasa Menurut Beberapa Sumber

MEDIAWARTA.COM – Mulailah sesuatu dengan doa, termasuk pada bulan Ramadan 1439 Hijriah ini adalah saat buka …