PKK Kota Makassar Benahi Lorong Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail tengah menggalakkan program pembinaan lorong terpadu di 14 kecamatan dan 143 kelurahan melalui Pokja 3 dan ketua TP PKK di setiap kecamatan.

Seperti yang terlihat kemarin, Jumat (3/6/2016) pengurus TP PKK Kota Makasssar mengunjungi lorong binaannya yang berada di Kecamatan Rappocini, Wajo, Tamalate, Mariso, dan Bontoala.

Ide membentuk program pembinaan lorong terpadu tercetus dari Indira sebagai bentuk dukungan dan sinergi terhadap program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. “PKK ingin memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan kota. Struktur organisasi kami yang menjangkau hingga kelurahan bahkan sampai ke tingkatan RT/RW sangat efektif dalam mendorong keterlibatan warga bagi kesuksesan program pemerintah,” jelas Indira, Sabtu (4/6/2016).

Program pembinaan lorong terpadu menggerakkan kader-kader PKK yang berada di lorong-lorong untuk memanfaatkan ruang lorong yang terbatas difungsikan sebagai halaman yang asri, teratur, indah, dan nyaman atau lazim diistilahkan “Hatinya PKK”.

Melaui program ini, Indira terus mengingatkan kader PKK dan warga kota untuk untuk menjaga keindahan, kebersihan, dan meningkatkan penghijauan di lorong-lorong.

“Meskipun ruang (halaman) kita sangat terbatas, hal itu bukan pengalang bagi kita untuk menciptakan lingkungan yang hijau. Keterbatasan itu justru membuat kita makin kreatif dalam memaksimalkan ruang yang ada. Seperti yang telah dikembangkan kader- kader kita di lorong kota,” bebernya.

Saat pengurus Pokja 3 mengunjungi lorong binaannya, memang terlihat wajah yang sangat berbeda. Lorong yang dulunya identik dengan kesan kumuh, jorok, gurem, dan tak terpelihara, kini berubah jauh lebih baik.

Tanaman dalam pot tumbuh subur dan berjejer rapi sepanjang lorong, warga juga secara rutin membersihkan saluran air (selokan) di depan rumahnya, dan secara swadaya mengecat dinding dengan berbagai gambar (mural) atau tulisan yang mengajak untuk menjaga kebersihan.

“Kita patut bersyukur sebagian besar warga menunjukkan niat baik dan keinginan yang kuat untuk bersama mewujudkan Makassar dua kali tambah baik,” ujar Indira.

Sementara itu, pengurus Pokja 3 TP PKK Kota Makassar, Fadliah, menuturkan jika kunjungannya ke lorong-lorong binaan selain untuk mempererat silaturahim dengan warga binaan, juga salah satu upaya dalam menjalankan 10 program pokok PKK utamanya pembinaan dan penataan lorong menuju Makassar dua kali tambah baik.

“Kami memiliki program pembinaan lorong terpadu yang juga dikenal dengan program lorong terpadu Hatinya PKK. Hal menarik dari program ini, warga secara swadaya berpartisipasi memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Seperti pot bunga, sebagian besar dibuat warga memanfaatkan galon yang tidak lagi terpakai. Selain bisa mereduksi sampah plastik, juga menambah keasrian lingkungan,” imbuhnya.

Novianti/Foto: Humas Pemkot Makassar

Comment