Hadiri Rapat Monitoring dan Evaluasi Jurnal LP2M, WR l Tekankan Kualitas dan Reputasi

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Wakil Rektor (WR) l bidang Akademik, Prof Kamaluddin Abunawas tekankan kualitas publikasi jurnal UIN Alauddin Makassar. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri rapat monitoring dan evaluasi jurnal ilmiah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Rabu, 3 Juli 2024.

Menurutnya upaya peningkatan kualitas jurnal ilmiah ini sebagai salah satu indikator prestasi akademik dan reputasi internasional perguruan tinggi.

“Terindeksnya jurnal di Scopus akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi UIN Alauddin Makassar, baik dalam hal visibilitas penelitian maupun kolaborasi internasional, dan anggarannya ada” ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya terus berkomitmen mendorong peningkatan kualitas publikasi ilmiah dan mencapai pengakuan internasional.

“Kami akan terus mendukung dan memfasilitasi pengelola jurnal dalam upaya mereka untuk mencapai standar internasional dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua LP2M, Dr Rosmini menambahkan bahwa monitoring dan evaluasi ini dilakukan secara menyeluruh dan komprehensif untuk memastikan bahwa jurnal-jurnal yang diajukan benar-benar memenuhi standar dan kriteria yang ditetapkan oleh Scopus.

“Kami berharap melalui evaluasi ini, kita dapat mengidentifikasi kekurangan dan memperbaikinya sehingga jurnal-jurnal kita dapat terindeks di Scopus, dan tak kalah pentingnya terkait dengan software data publikasi dan kebutuhan anggaran untuk Hak Paten,” tuturnya.

Diketahui, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan terbitan jurnal ilmiah di kampus dan mempersiapkan beberapa jurnal yang sudah memenuhi syarat untuk diajukan ke pengindeks Scopus.

Comment