Pelindo Pastikan Fasilitas Prima untuk Mendukung PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut

MEDIAWARTA, ACEH – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berkomitmen penuh untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang akan diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara.

Melalui Subholding Pelindo Multi Terminal (SPMT), Pelindo memastikan bahwa layanan dan fasilitas terbaik disediakan bagi Kapal KM Kelud yang bersandar di Pelabuhan Malahayati, Aceh, selama periode 4 hingga 24 September 2024.

KM Kelud, yang difungsikan sebagai akomodasi terapung, akan menampung para atlet, kontingen, official, dan pihak terkait lainnya selama pelaksanaan PON XXI di Aceh.

Acara ini sendiri berlangsung dari 8 hingga 20 September 2024. Dengan kapasitas total 2.600 penumpang, KM Kelud diharapkan dapat menjadi solusi optimal untuk akomodasi ribuan peserta PON, sekaligus mendukung kelancaran acara olahraga terbesar di Indonesia.

Kedatangan KM Kelud di Pelabuhan Malahayati pada Rabu (4/9/2924), disambut langsung oleh Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, bersama jajaran Forkopimda Aceh, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Direksi PT Pelni, dan manajemen Pelindo yang diwakili oleh Branch Manager PT Pelindo Multi Terminal Malahayati, Agust Deritanto.

Kasubdit 1 Dit. Lala Kementerian Perhubungan, Hasan, menyampaikan harapannya bahwa kehadiran KM Kelud sebagai akomodasi terapung akan memberikan manfaat besar bagi para atlet, official, dan seluruh pihak pendukung PON XXI.

“Kami berharap KM Kelud dapat menjadi solusi yang efektif dengan tetap mematuhi aturan dan menjaga kebersihan kapal serta sekitarnya. Para pengguna hanya perlu registrasi dengan menunjukkan ID card PON XXI, dan fasilitas ini disediakan secara gratis,” ujar Hasan.

Branch Manager PT Pelindo Multi Terminal Malahayati, Agust Deritanto, menambahkan bahwa Pelindo telah mempersiapkan dermaga dan fasilitas pelabuhan lainnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan PON XXI.

“Kami siap memberikan dukungan penuh dengan kesiapan dermaga dan fasilitas lainnya di Pelabuhan Malahayati. Kehadiran KM Kelud diharapkan menjadi solusi akomodasi yang signifikan selama PON berlangsung,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Multi Terminal, Finan Syaifullah, menegaskan komitmen Pelindo Group dalam mendukung PON XXI sebagai ajang olahraga nasional yang diadakan setiap empat tahun sekali.

“Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan terbaik bagi kesuksesan PON XXI Aceh-Sumut dengan memastikan fasilitas dan layanan optimal di pelabuhan-pelabuhan kami, terutama di wilayah tuan rumah Sumatera Utara dan Aceh,” ujarnya.

Dukungan Pelindo dalam PON XXI ini merupakan bukti nyata sinergi BUMN dalam mendukung kegiatan olahraga nasional serta menunjukkan peran strategis Pelindo dalam memajukan sektor olahraga di Indonesia.

Comment