Universitas Okayama Tertarik Kolaborasi Riset dan Publikasi Bersama dengan FKM Unhas

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin, Prof Sukri Palutturi, S.KM., M.Kes., M.ScPh., Ph.D menerima kunjungan tamu dari Universitas Okayama pada Selasa (5/9).

Dalam kunjungan tersebut sebanyak 14 mahasiswa dan 3 orang dosen dari Universitas Okayama; Prof Masahiro Kuroda, Ph.D, Dr. Takahiro Kataoka, dan Dr. Masataka Oita. Ketiga nya merupakan dosen dari Universitas Okayama dengan keahlian yang berbeda. Prof Masahiro Kuroda, Ph.D merupakan ahli di bidang radiation oncologist, Dr. Takahiro Kataoka ahli di bidang radiation technologist, dan Dr. Masataka Oita ahli di bidang medical physicist.

Pada pertemuan tersebut terjadi kesepakatan penandatangan Implementing Arangement or Memorandom of Agreement (IA/MoA) di ruang dekan FKM Unhas yang disaksikan oleh dekan Fakultas Kedokteran Gigi yang merupakan kolega dari dosen di Universitas Okayama.

Selain itu juga turut hadir wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan, wakil dekan bidang kemitraan, riset dan inovasi, ketua program studi S1 ilmu kesehatan masyarakat, serta beberapa dosen dari fakultas kesehatan masyarakat.

Kedua pihak menyepakati untuk lebih menggiatkan lagi kegiatan-kegiatan kerjasama yang meliputi pertukaran civitas akademika untuk pembelajaran dan riset, kolaborasi riset dan publikasi, join kurikulum program studi untuk prodi sarjana dan prodi magister.

Selain itu juga dirintis kerjasama promosi sumber daya untuk program akademik dan pelaksanaan seminar/konferensi internasional, dan kerjasama lainnya yang bersifat meningkatkan kapasitas akademik kedua belah pihak.

Setelah acara penandatanganan dokumen MoA dilanjutkan dengan foto dukumentasi bersama tim dari Universitas Okayama dan dilanjutkan dengan sesi kunjungan oleh 14 mahasiswa Okayama ke laboratorium yang ada di FKM, seperti, Laboratorium Biokimia dan Biofisik, Laboratorium Komputer, serta sarana dan prasarana lainnya di Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Comment