Prodi S2 Ilmu Kelautan FIKP Unhas Jalani Proses Assesmen Akreditasi Lamsama

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Program Studi Magister (S2) Ilmu Kelautan pada Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin menjalani proses asesmen lapangan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA). Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita di Ruang Senat FIKP Unhas, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa-Rabu (15-16/08).

Turut hadir jajaran pimpinan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Prof.Dr. Musrizal Muin, M.Sc mewakili Rektor Unhas, Dekan FIKP Unhas, Safruddin, S.Pi., MP., PhD., Wakil Dekan I Dr. Aslamiah, M.Si., Wakil Dekan II Prof. Dr. Abdul Haris, M.Si, Wakil Dekan III Dr. Ahmad Faisal, M.Si, Ketua Gugus Penjaminan Mutu FIKP Dr. Nursinah Amir, M.Si , dan Ketua Prodi S2 Ilmu Kelautan Dr. Supriadi, M.Si serta tim Task Force persiapan akreditasi Lamsama S2 Ilmu Kelautan beserta seluruh jajaran dosen Ilmu Kelautan Unhas. Sementara tim assessor dari Lamsama yang hadir adalah Prof. Arinto Yudi Ponco Wardoyo, M.Sc, PhD., dan Prof. Dr. Yosephine Sri Wulan Manuhara, M.Si.

Ketua LPMPP Prof. Musrizal menyambut baik dilaksanakannya assesment terhadap S2 Ilmu Kelautan yang telah lama dinanti-nantikan. “Semoga apa yang ingin dicapai di dalam asesmen ini dapat diperoleh sehingga S2 Ilmu Kelautan dapat berlanjut prodinya. Dia juga menyampaikan bahwa saat ini ada 225 prodi di Unhas yang secara bertahap akan diakreditasi semua. “Tetapi jika tiap hari dilakukan asesmen, maka meskipun sebanyak itu, tidak juga mencapai setahun akan selesai semua,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Prof Musrizal dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan menyambut hangat para asesor. Dirinya mengatakan FIKP merupakan salah satu fakultas yang berkontribusi besar bagi Unhas, terutama dalam hal akreditasi pada program studi baik level nasional maupun internasional. Melalui proses akreditasi ini, lanjut Prof Musrizal menambahkan hal ini merupakan model seperti audit eksternal.

Sementara Dekan FIKP Unhas Safruddin, PhD dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan apresiasi tinggi kepada para asessor yang hadir di FIKP Unhas. Dirinya banyak memberikan gambaran tentang capaian FIKP secara umum dan harapan dari akreditasi S2 Ilmu Kelautan agar semakin berkembang dan banyak diminati mahasiswa. “Sebenarnya prodi S2 Ilmu Kelautan ini sudah banyak peminatnya. Hanya saja banyak kemudian mengundurkan diri karena mengetahui belum memiliki akreditasi,” ujarnya.

“Kalau kami melihat dari sisi internal kami terkadang ada sesuatu yang justru di sisi luar itu tidak terlihat, sehingga dengan adanya tim asesor eksternal ini dapat memberikan gambaran dan potret terhadap program studi S2 Ilmu Kelautan. Kami sangat berharap masukan, dan tambahan sehingga mutu kita bisa lebih baik lagi,” jelas Safruddin.

Ketua Prodi S2 Ilmu Kelautan Dr. Supriadi, M.Si menyampaikan rasa syukurnya ats akreditasi yang dilakukan terhadap prodinya. “Ini sudah lama ditunggu-tunggu karena selama ini banyak yang mau masuk tapi belum ada akreditasinya sehingga alumni mundur lagi,” ujar Supriadi. Pihaknya juga optimis jika akreditasi S2 Ilmu Kelautan sudah keluar jumlah mahasiswa akan meningkat.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari. Dimana pada hari pertama dilakukan tahap konfirmasi terhadap Unit Pengelola Program Studi, dan Unit Jaminan Mutu. Setelah itu, dilanjutkan dengan Tim Asesor akan melaksanakan peninjauan terhadap sarana dan prasarana yang ada di lingkup FIKP dan pertemuan dengan mahasiswa. Hari kedua tim asesor Lamsama melakukan pertemuan dengan mahasiswa, dosen, kepala laboratorium, dan tenaga kependidikan, dan terakhir penyampaian rekomendasi-rekomendasi.

Comment