Unhas Kerjasama Pemprov Sulsel Launching Berjuta Bibit Pisang Cavendish

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Sebagai langkah signifikan dalam penguatan sektor pertanian, khususnya mendukung program Gerakan Gemar Menanam Pisang oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Pertanian kerja sama pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melaunching secara resmi bibit pisang Cavendish.

Kegiatan bertajuk “Launching Berjuta Bibit Pisang Cavendish” tersebut berlangsung pukul 10.00 Wita di Pusat Pembibitan Pisang, Experiment Farm Fakultas Pertanian, Kampus Unhas, Tamalanrea, Kamis (16/11).

Hadir dalam kegiatan PJ Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si, beserta jajaran Forkopimda, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc dan jajaran pimpinan lingkup Unhas, mitra perbankan dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Prof JJ menyampaikan kegiatan ini merupakan langkah signifikan dalam mendorong penguatan sektor pertanian. Launching bibit pisang merupakan bagian dari komitmen Unhas sebagai perguruan tinggi untuk mengambil peran membantu pemerintah memberikan kesejahteraan kepada masyarakat dan bangsa.

“Launching ini merupakan langkah positif menuju penguatan sektor pertanian Sulsel. Pengembangan bibit pisang dengan memanfaatkan teknik kultur jaringan. Sehingga dapat memperbanyak tanaman dengan lebih efisien,” jelas Prof JJ.

Pada kesempatan yang sama, PJ Gubernur Sulsel, Bahtiar menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kolaborasi yang baik antara Unhas dan Pemprov. Dirinya banyak memberikan gambaran tentang sektor pertanian Sulsel saat ini, termasuk kegiatan impor buah yang dilakukan. Bahtiar memandang dengan berbagai potensi dan kekayaan sumber daya alam Sulsel, hal tersebut dapat diminimalkan.

Lebih lanjut, Bahtiar menambahkan Pisang Cavendish memiliki nilai jual tinggi, sehingga dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Sulsel. Peluang ekspor pisang dari Sulsel juga sangat besar. Hal ini yang harus dimanfaatkan dengan baik. Menurut Bahtiar, perlu dilakukan upaya penyuluhan dan pendampingan kepada masyarakat untuk mengembangkan sektor pertanian melalui budidaya pisang.

Sebagai wujud komitmen dalam mendorong penguatan sektor pertanian melalui budidaya pisang, dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Unhas dan pemerintah provinsi. Dimana, hal ini menegaskan komitmen bersama dalam mendukung dan menciptakan sinergi kuat antara pendidikan tinggi, pemerintah, dan masyarakat dalam mencapai tujuan bersama.

Dalam kesempatan ini, terdapat 3.200 bibit yang dikembangkan dengan menerapkan teknik kultur jaringan. Dengan pemanfaatan kultur jaringan, bibit pisang akan berkembang lebih banyak dan berkualitas. Sehingga, target capaian pemerintah untuk mendorong sektor pertanian melalui budidaya pisang akan terlaksana secara optimal melalui ketersediaan bibit berkualitas dan manajemen pengelolaan yang baik.

Launching berjuta bibit pisang cavendish ditutup dengan penanaman bibit pisang secara simbolis oleh Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc) bersama PJ Gubernur Sulsel (Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si) bersama jajaran forkopimda lainnya. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 12.00 Wita.

Comment