Puluhan Pelaku UMKM Antusias ikut Workshop, yang Digelar Komunitas Jurnalis Sulsel

MEDIAWARTA, MAKASSAR – 50 pelaku UMKM,  penuh antusias mengikuti workshop UMKM bertajuk ‘Meraup Cuan di Bulan Ramadan’, di Bikin Bikin Creative Hub, Nipah Park, Sabtu (18/3/2023).

Kegiatan yang kedua kalinya digagas Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) ini, menghadirkan tiga pembicara utama. Yakni Owner Bakso Rusuk TJoss, Suprapti Abdullah Fattah; Kepala Departemen Busines Support PT Pegadaian Persero;  Nur Fadli dan Chef Mercure Nexa Pettarani Makassar, Ruddok Addas.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kota Makassar,  Zamhir Islamie Hatta S.STP., MM yang hadir membuka kegiatan, menyatakan apresiasinya kepada para media yang menyelenggarakan kegiatan workshop tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini sangat mendukung program “Makassar Kota Makan Enak” dari pemerintah Kota Makassar, yang telah dicanangkan oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Makssar, Fatmawaty Rusdi.

“Kami memberi apresiasi kepada  para jurnalis, yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” ucapnya.

Ketua Panitia, Nur Rachmat menjelaskan, kegiatan ini diinisiasi oleh Komunitas Jurnalis Sulsel, agar ibu-ibu dan bapak-bapak pelaku UMKM dapat meningkatkan omsetnya. Begitu pula yang tidak memiliki penghasilan, bisa ikut ambil bagian sebagai pelaku UMKM, sehingga perekonomian mereka lebih maju.

“Apalagi ini jelang Ramadan, sangat mungkin masyarakat berkecimpung di dunia UMKM. Kami hadirkan pemateri yang memiliki pengalaman membangun bisnis, agar peserta kegiatan ini dapat belajar,” ujarnya.

“Ada juga dari Pegadaian, disini pemateri mengajarkan, bagaimana mengelola keuangan usaha dan bagaimana menabung untuk investasi. Pemateri terakhir adalah Chef, disini peserta diajarkan membuat menu kreatif dan inovatif. Hari ini beliau memperlihatkan bagaimana cara membuat Sanggara Balanda Cokelat Strawbery,” ungkap Daeng Mamat, sapaan akrabnya.

Perwakilan panitia lainnya, Nur Hikma mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada para sponsor, antara lain Nipah park, PNM, Pegadaian, Solid Gold, Kalla Toyota, Bosowa Berlian Motor, Malaqbi Studio, ibis Makassar City Center, Harper Perintis Makassar, Tanjung Bunga, Bikin Bikin Creative Hub, Mercure Makassar Nexa Pettarani, Kampung Kuliner, Gammara Hotel, Universitas Bosowa, Politeknik Bosowa dan Dalton Makassar. Tanpa sponsor, kegiatan ini tidak akan seseru hari ini, (kemarin),” sambungnya.

Kegiatan semakin menarik, dengan hadirnya berbagai games lucu. Seperti lomba kupas timun dan lomba makan bakso raksasa. Puluhan door prize, seperti voucher hotel, kompor gas dan aneka hadiah hiburan, juga menjadikan para peserta seminar semakin bersemangat.

Comment